Tiga Minggu…

Tak terasa tiga minggu sudah berlalu sejak aku pertama kali menginjakkan kaki di Biotrop untuk melaksanakan Praktek Lapang. Di sana, kami (aku dan 3 temanku) diberi tugas untuk membuat portal sistem informasi perpustakaan milik Biotrop. Kami berempat di tempatkan di kantor IRU (Information Research Unit, CMIIW) yan terletak tak jauh dari perpustakaan.
Dua minggu pertama kami ditempatkan di kantor pak Yahya yang saat itu sedang berada di Amerika. Di sana ada sebuah komputer yang sudah cukup berumur namun terkoneksi dengan internet. Selain itu ada dua buah meja yang cukup nyaman untuk digunakan oleh kami berempat. Pokoknya kantor yang nyaman untuk bekerja. Ruangan di sebelah kanan dari kantor kami (dilihat dari depan) di tempati oleh bu Yuni, yang bertugas menangani bagian Dokumentasi dari Biotrop. Sedangkan di sebelah kiri ditempati oleh mbak Tika, alumni IPB juga, yang menangani bagian publikasi, termasuk di antaranya Biotropia (jurnal yang dikeluarkan oleh Biotrop). Pak Yahya sendiri sebenarnya juga mengurusi bagian publikasi. Di sebelah kantor mbak Tika, terdapat ruangan yang ditempati oleh pak Iwan, kebetulan supervisor-ku, cukup besar dan tertata rapi. Ruangan ini sering terlihat lengang karena pak Iwan lebih sering berada di kantor Agrisoft di dekat gerbang depan Biotrop.
Di depan kantor kami ditempati oleh pak Peri, yang lebih sering digunakannya untuk main game (sebenarnya kantor kami di situ.. he3x). Di sebelah kanan kantor pak Peri (dilihat dari pintu kantor pak Yahya) ditempati oleh pak Widodo, pria separuh baya yang sangat bersemangat, yang bertugas sebagai juru foto. Setiap paginya beliau biasanya membaca koran di sana.
Minggu ketiga, pak Yahya sudah kembali dari Amerika. Kami pun kemudian mengungsi kembali ke kantor pak Peri, takut mengganggu pak Yahya dengan semua canda dan tawa yang kami buat di sana. Sayangnya di kantor pak Peri, komputernya sudah dibawa oleh pak Lukman, salah seorang staff TI. Di sini juga tak ada koneksi internet. Karena tak adanya komputer di sana, kami pun meminta kepada pak Iwan untuk diperbolehkan menempati kantornya. Persetujuan pak Iwan memberi sedikit harapan dan rasa bahagia bagi kami berempat. Namun tetap saja, dasar anak kecil, kami masih sering takut-takut untuk memasuki ruangan tersebut. Akhirnya diputuskan agar dua orang di kantor pak Peri dan dua orang di kantor pak Iwan. Komputer di sana lebih baru bila dibandingkan dengan komputer lain di sini, selain tentunya adanya koneksi internet. Terkadang pak Iwan datang untuk memeriksa pekerjaan kami, sudah sejauh manakah.
Tiga minggu di sini, kami sudah menyelesaikan template untuk web tersebut. Walau masih perlu banyak tambahan, alur kerja webnya sudah kami dapatkan, begitu kata pak Iwan saat kami mempersentasikan template web tersebut. Selanjutnya kami pun mulai menyiapkan fungsi PHP untuk web tersebut. Rahmat sedang membuat sistem order dan bookmark untuk katalog, sedangkan aku sedang belajar membuat CMS dengan Smarty dan adodb. Dua orang lainnya, Didit dan Pandu, sedang sibuk membuat forum dan mereparasi template yang semakin ribet.
Waktu berjalan begitu cepat. Tak terasa tinggal 5 minggu lagi kami di sini. Semoga semua berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.. Amin..

“As I look up to the sky today, Well I know that You’re taking care of me.. This brings smile to my face again..”

Tinggalkan komentar

1 Komentar

  1. martinbudi

     /  Juli 30, 2007

    yo semangat

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: