Siap Persentasi?

Ilustrasi

Suatu hari, saya mendapatkan tugas sebagai salah satu panitia seminar yang diselenggarakan Departemen di mana saya belajar. Tugas saya salah satunya adalah menyediakan fasilitas untuk persentasi para pembicara, termasuk di antaranya menyediakan laptop. Tugas telah saya tunaikan dan acara pun dimulai.

Saat salah satu pembicara, yang kebetulan kakak kelas saya, memersentasikan hasil penelitiannya, saya agak heran. Ia menggunakan OLAP untuk melakukan analisis terhadap penelitiannya. Dalam demonya tersebut, ia juga memerlihatkan proses analisis dengan OLAP, padahal saya tahu bahwa software tersebut belum diinstal dalam laptop yang digunakannya. Seingat saya, waktu kedatangannya sangat mepet dengan waktu dimulainya seminar. Dan sepertinya ia tidak akan sempat melakukan konfigurasi supaya software yang digunakannya tersebut bisa berjalan pada laptop yang diletakkan di atas panggung.

Tingkat penasaran kadar tinggi membuat saya ingin mengecek laptop yang digunakan. Setelah acara selesai tentunya. Saya lebih heran lagi melihatnya. Tak ada software baru yang diinstal. Bagaimana mungkin, semenjak acara dimulai sampai selesai tidak terlihat ia meng-uninstall program, apapun itu, yang ia gunakan. Apakah yang sebenarnya terjadi?

 

Semakin dalam saya mencari direktori tempat semua makalah dan bahan persentasi seminar tersebut disimpan. Di lokasi ini masih saya temukan bahan persentasi kakak kelas saya tersebut. Saya tercengang melihatnya. Dalam direktori tersebut, saya menemukan semua software yang ia perlukan disertai sebuah script untuk memanggil software-software tersebut. Rupanya ia tinggal menjalankan script yang telah ia buat dan voila, persentasi pun dimulai.

 

Di tempatku bisa kok!

Melihat ilustrasi di atas, disimpulkan bahwa kakak kelas saya tersebut telah berhasil mengatasi apa yang Jeff Atwood katakan sebagai works on my machine syndrome. Tanpa disadari, sebagian dari kita-termasuk saya-masih belum bisa lepas dari belitan sindrom ini. Setelah program selesai, pengembang selalu dilanda kesulitan untuk mengkonfigurasikannya di komputer lain, terutama saat program akan dipersentasikan. Jadi tunggu apa lagi, mulailah membuat script dan siapkan persentasimu sekarang juga.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

3 Komentar

  1. 1. “Siap Persentasi?” –> judul entry ini. Kayaknya mestinya “Presentasi”, bukan “Persentasi… =)
    2. Nggak ngerti,, maksudnya script itu apa? BIkin script pake apa dan gimana? Plz explain further…

    Nuhun…

    Balas
  2. 1. ya sudahlah…

    2. script .bat.. script itu manggil semua servis yang dibutuhin..
    😀😀

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

