Menjemput DORA dan SUSE (I)

Hari I, Selasa 20 November 2007

Pertemuan itu berhasil mengubah mood-ku seratus delapan puluh derajat. Mood-ku menjadi sangat buruk. Perlahan aku menuruni tangga menuju lantai dasar untuk pergi ke Student Center. Di sini, suasana sekretariat HIMA sepi. Hanya ada dua orang yang berada di sana, Bayu dan Ibonk. Bayu sedang asyik membaca koran, sedangkan Ibonk sedang sibuk melakukan pencetakan sambil mendengarkan sebuah lagu yang terdengar familiar oleh telingaku. Masih dikuasai oleh mood, aku membuka buku curhat tebal yang tersedia untuk mahasiswa yang ingin menumpahkan isi hatinya.

Aku memilih halaman baru dan menambahkan tulisan di sana:

Why this people sucks??

Diakhiri dengan paraf khasku. Semakin lama, lagu yang terdengar semakin familiar olehku. Sontak aku bertanya, “Ini lagu apa ya? Kok kayaknya pernah denger. Kayak lagu game apa gitu.. aku lupa”.  Ibonk yang mendengar langsung menjawab, “Iya kak, ini soundtrack game.. Xenogears”. Plok, aku baru teringat game ini, game lama produksi SquareSoft (sekarang Square-Enix) ini memang pernah menarik hatiku. Ia bertanya lagi apakah aku pernah memainkan game ini. Aku menjawab bahwa aku baru sampai disc satu sampai harus menyerah karena sulitnya musuh kala itu. Tak ketinggalan, aku pun menyalin lagu-lagu tersebut. Kejadian ini menaikkan mood-ku.

Tak sabar, aku pun memasukkan lagu-lagu tersebut ke dalam komputerku. Sekalian aku menjelajah dunia maya untuk mengecek email, siapa tahu si Jeff sudah membalas. Ternyata belum. Si Bayu pun memintaku untuk mencari beberapa lagu tempo doeloe yang ia baca dari koran. Sambil melakukan pencarian, tak lupa aku mengaktifkan fasilitas chatting dalam Yahoo Mail Beta dan memberikan status “Why this people sucks??”. Salah satu yang online adalah dosenku, pak Heru.

Iseng, aku mencoba memberi salam, dan percakapan pun dimulai. Kira-kira begini cuplikannya (maaf yang asli tidak sempat disimpan).

Aku                        : mau tanya pak??

Pak Heru              : ya?

Aku                        : download dibatasin sampai jam berapa sih pak??[1]

Aku                        : pengen download distro nih pak..

Pak Heru              : Distro apa? Saya kemarin baru aja download Fedora 8, Suse 10.3[2], Konde, Ubuntu 7.10, dkk..

Aku                        : Wah ngopy pak..

Aku                        : Fedora 8 ama Suse 10.3

(pak Heru tidak menjawab untuk sementara waktu, sampai tiba-tiba ia mengubah statusnya menjadi “Kalau mau copy Fedora 8, OpenSuse 10.3, Konde,dkk hubungi KPSI“)

Aku                        : Semuanya DVD kan pak??

Pak Heru              : iya, semuanya DVD.

(status pak Heru berubah lagi menjadi “Kalau mau DVD Fedora 8, OpenSuse 10.3, Konde,dkk hubungi KPSI“)

Aku                        : Pak ada rencana mau bikin mirror ngga??

Pak Heru              : Nanti kalau servernya udah datang, rencananya sih mau bikin server repository.

Pak Heru              : kayak kambing.edu

Aku                        : Asik2… Kira-kira datangnya kapan pak??

Pak Heru              : Bulan depan. Tapi harus ada yang maintain.

Aku                        : hmm… diajarin kan pak??

Pak Heru              : rtfm[3]😀

Aku                        : waduh,…

Pak Heru              : sudah, ya mau pulang dulu. Mau upgrade dari 10.2 ke 10.3

Aku                        : Ya pak. Terimakasih banyak..

Mood-ku pun naik setinggi langit. Tak sabar aku untuk pergi ke KPSI keesokan hari.

(end of this day)



[1] Di kampusku, akses download dibatasi sampai 50Mb. Supaya lalu lintas data bisa tetap cepat..

[2] Maksudnya openSuse 10.3, biasanya memang disingkat saja menjadi suse.

[3] Rtfm : read the fu*king manual, sebuah istilah untuk memerintahkan agar membaca manual terlebih dahulu

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

9 Komentar

  1. insanul

     /  November 22, 2007

    Lho, bukannya Arif dah punya Suse 10.3 ???

    Balas
  2. udah punya san.. tapi yang GNOME-CD.. ga lengkap..

    pengennya yang DVD sekalian yang lebih lengkap.. Insan punya???

    Balas
  3. insanul

     /  November 23, 2007

    Baru aza beli Infolinux Desember. Ada bonus 2 DVD, Suse 10.3 + Mandriva Free 2008.

    Balas
  4. minjem,.. minjem…😀😀

    Balas
  5. indah

     /  November 23, 2007

    tuh K…
    Pinjem K Insanul aja…
    drpd makan ati di rektorat…
    ehmm… knp sll (seringnya.red) ribet, repot, buang2 waktu…kl ud berurusan m birokrasi… (bnr g c comment-ku ini…)😦

    Balas
  6. indah

     /  November 23, 2007

    waduh… K arif lg OL y..?
    Ud bs senyum tuhh…
    selamat…selamat…

    Balas
  7. iya.. tapi masih kurang satu lagi…😦

    Doraku oh doraku..

    Balas
  8. andrianto

     /  Januari 4, 2008

    salam kenal ….
    ======================================

    masih inget aku ga rif ??
    tu loch,.yg minjem eh salah minta ngopy repo ubuntu 4 dvd (iso) sama insanul…..

    Balas
  9. oh iya… masih inget..
    knapa mas??

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

