Pivot?

Kemarin aku mendapatkan data dalam format Excel. Sebelum dilakukan pengolahan lebih lanjut, data tersebut harus dipilih terlebih dahulu. Data terpilih akan direkap ke dalam satu file yang disusun memanjang ke bawah. Permasalahannya adalah data yang aku dapatkan bentuknya memanjang ke samping. Jadi, yang aku lakukan “cuma” mengubah tabel yang semula baris menjadi kolom.

Dari semua tools yang terdapat pada ribbon, hanya ada satu tool yang nampaknya sesuai untuk operasi baris menjadi kolom ini. Tool ini bernama PivotTable yang berada di bawah tab Insert.

 Pivot Table

Jadi, aku pun mengeblok baris yang akan kurubah. PivotTable pun diklik. Kotak dialog pun muncul.

Dialog

Aku memasukkan pilihan asal dan tujuan tabel dan klik OK. Tiba-tiba pesan error muncul:

Error

Intinya aku harus memasukkan minimal dua baris untuk menjalankan fungsi ini. Dari sini, aku sudah mulai curiga. Masa untuk mengubah baris menjadi kolom saja membutuhkan dua baris.

Aku pun memenuhi permintaannya. Aku memilih dua baris sekaligus dan mengulangi langkah sebelumnya. Kali ini proses berhasil, namun aku kembali dibuat bingung. Tiba-tiba muncul konfigurasi high tech di sebelah kanan. Ketika aku memilih kolom yang akan dimasukkan, pada tabel justru muncul penjumlahan nilai dari baris berisi data yang kumasukkan.

High tech

Aku kemudian mencoba mengutak-atik konfigurasinya. Sigma Values pada Column Labels kupindahkan ke Row Labels, dan jadilah ia menjadi format baris.

Tak puas sampai di situ, aku masih belum percaya bahwa tidak ada cara yang lebih praktis. Temanku kutanyai satu persatu dan belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Eureka!! Setelah mencoba beberapa saat, akhirnya aku menemukannya. Ternyata caranya sangat sederhana. Aku cukup memilih baris yang diinginkan lalu mengopinya. Pada cell yang diinginkan lakukan dengan pilihan Paste Special. Pada pilihan ini akan muncul kotak dialog untuk mengostumisasi operasi Paste yang akan dilakukan.

Paste Special

Aku kemudian memberikan tanda check pada opsi Transpose. Voila, baris pun berubah menjadi kolom.

Kasus ditutup.

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. martinbudi

     /  April 9, 2008

    wakakak….
    seru kan oprek…oprek….

    btw baca manualnya mas😀

    Balas
  2. seru… sampe agak-agak stress… gitu..

    untung ketemu… manualnya mungkin ada.. cuman aku ga tau istilahnya apa..
    siapa yang tau kalau ada yang namanya transpose selain pivot..
    paling ngga kan berbagi pengalaman.. siapa tahu ada yang membutuhkan..😀😀

    RTFM..!!

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

