Think Tank

A hundred years ago (just kidding..). Pada saat dunia console dikuasai oleh Nintendo dan Sega Mega Drive, ada satu game yang memiliki kesan yang dalam. Game tersebut dikembangkan untuk console Nintendo. Nama game itu adalah TANK 1990. Sounds familiar? To help you remember it, I give you some snapshot.

TANK 1990 intro

Level 1

Rings a bell? TANK 1990 adalah sebuah game bertema perang yang mengambil Tank sebagai tokoh utamanya. Gameplay-nya sederhana, kau harus menghancurkan semua tank musuh sembari melindungi “garuda”. Simple but powerful game play. Ada lebih dari 100 level (tergantung versinya) dengan peta yang berbeda-beda.

Ada beberapa fitur dalam game ini yang cukup menarik. Pertama, mode 2 players. Bermain sendiri saja sudah cukup menyenangkan. Apalagi bermain dengan teman. Pasti jauh lebih menyenangkan. Di sinilah teamwork dibangun. Kedua, mode Construction. Pada mode ini, pemain bisa membangun peta sendiri sesuai dengan imajinasinya. Di sinilah imajinasi dan strategi dibangun.

Seiring dengan berjalannya waktu, tampuk kekuasaan dunia console pun diambil alih oleh console-console baru dengan kemampuan processing dan grafik yang “wah”. Namun rasa rindu akan game jaman dulu seperti TANK 1990 tetap melekat di hati. Dan beberapa hari yang lalu, aku menemukan sebuah game dengan tema yang serupa.

Tank Commander adalah sebuah game bertema perang yang mewarisi gameplay dari leluhurnya, Tank 1990. Game ini dibuat untuk PC dan memiliki penambahan kualitas grafik yang terbilang “wah”. Game ini bersifat free dan dapat didownload secara cuma-cuma di GameTop.com. Dibawah ini adalah beberapa screenshot-nya.

Tank Commander Intro

Level 2

Battle.pngPada Tank Commander, peran “garuda” yang ingin dilindungi digantikan dengan Radar. Bonus-bonus untuk upgrade tank dan lain sebagainya dijatuhkan oleh sebuah pesawat pengangkut yang datang secara random. Pada beberapa level terdapat penambahan objek berupa non-moving defense seperti rocket turret dan EMP turret. Rocket turret menembakkan roket secara random ke semua arah. Sedangkan EMP turret menembakkan shocking bolt yang dapat membuat tank berhenti bergerak untuk jangka waktu tertentu. Serangan kedua objek ini dapat mengenai tank musuh dan tank pemain, so take a caution. Pada game ini, sayangnya, fitur Construction belum kutemukan. Namun, game ini cukup dapat membangkitkan rasa nostalgia.

Udah ya, aku main game dulu.. 😀

18 tanggapan untuk “Think Tank

  1. @martin:
    yang di ubuntu tinggal cari aja NES-nya Tank 1990, trus cari emulator NES buat Linux..
    Pasti bisa .. 😀

    @denny:
    Martin kan sekarang Ubuntu-erz den.. Nambah satu orang lagi yang go Open Source..

  2. ini gua paling seneng kalo bikin battle area sendiri, bentuk bentuk nama, gambar. seru bin ajaib, sampe waktu itu stik nintendo gua lempar ke kepala ade gua gara2 rebutan (sadis bener waktu itu).

    yo sudah tak rubah linknya…

  3. wah…. game favorit ku dan adekku waktu kecil dulu nih 🙂
    kalo garudanya ketembak, saling menyalahkan deh… hihihihihi

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s