Rashomon

Rashomon: Kumpulan Cerita Akutagawa Ryunosuke

Penulis: Akutagawa Ryunosuke

Tebal: 167 halaman

Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Sambil menggigit sepotong roti, sekilas aku melihat arloji. Hari sudah pukul satu lewat dua puluh menit. Ada yang seketika itu mengagetkanku; sesosok bayangan wajah seram tercermin sekilas pada kaca bulat arloji. Aku segera menoleh ke belakang; dan untuk pertama kalinya aku melihat makhluk kappa! Ia berdiri di atas karang di belakangku dengan sebelah tangannya memegang batang pohon shirakaba dan tangan lainnya dipayungkannya di atas matanya yang memandangiku dengan rasa ingin tahu. (Kappa, hlm. 33-34)

RashomonCuplikan dari novelet Kappa di atas adalah salah satu dari tujuh cerita yang terdapat pada buku ini. Cerita ini pernah kubaca beberapa tahun yang lalu, dan memberikan kesan yang mendalam. Baru sekarang aku mengetahui bahwa novelet ini ditulis oleh Akutagawa Ryunosuke, salah satu cerpenis terbaik Jepang.

Karya-karya terkenal Akutagawa lainnya, seperti Rashomon, Benang Laba-laba (Kumo no Ito), Di Dalam Belukar (Yabu no Naka), dan Hidung disajikan dengan apik dalam buku ini. Seperti dalam resensinya, Akutagawa ingin menggambarkan betapa tipis dan licinnya batas antara buruk dan bagus, jahat dan baik, hina dan mulia, bohong dan jujur, serta salah dan benar. Akhirnya buku ini memberikan pelajaran mengenai sifat dasar manusia dan kebijaksanaan dalam hidup.

image courtesy of KPG

4 tanggapan untuk “Rashomon

Ada apa di pikiranmu?