Rabu yang Panjang

Sehari sebelumnya..

“Menurut Pak Wisnu, kira-kira yang bisa menjadi penguji saya siapa Pak?”

Pak Irman mungkin ya. Siapa lagi ya?”

Pak Heru sepertinya juga bisa Pak..”

“Oh ya,, pak Heru juga bisa. Sebentar saya tanya Pak Hari dulu. (Pergi ke kantor dosen)”

“Pak Hari, Kalau Pak Heru bisa tidak jadi pengujinya si Arif?”

“Bisa kayanya Pak.”

“(Kembali) Ya udah, kalo dari saya, Pak Heru.”

Beberapa menit kemudian, ketika aku menghubungi Pak Hari, beliau menjawab serupa. Dosen penguji yang beliau sarankan adalah Pak Heru.

Rabu, 100708, 0600hrs

Aku sudah menjelajah dunia maya, menunggu Pak Heru OL. Beliau mempunyai kebiasaan OL pada malam dan pagi hari. Aku terlonjak kegirangan ketika mengetahui kalau Pak Heru sedang OL. Perlahan dan hati-hati, aku mengirimkan pesan melalui YM.

“Maaf pak mengganggu, sedang sibuk tidak?”

“Boleh tanya tidak pak?”

“Ya”

“Bapak hari ini ke kampus tidak?”

“Saya tiap hari ke kampus”

“Kalau begitu, saya bisa menemui Bapak kira-kira jam berapa?”

“> 13 di DKSI”

“Baik Pak, terima kasih..”

0900hrs

Aku sudah sampai di Departemen. Belum nampak ada siapa-siapa di sana. Kebetulan hari Rabu ini, jadwal Rabuan dipindah ke Auditorium Thoyyib. Ada Rabuan bersama di lingkungan Fakultas MIPA. Rencanaku hari ini adalah menyelesaikan pengajuan dosen penguji dan jadwal seminar. Tinggal dua tahap lagi, dan aku akan terbebas dengan sebuah gelar.

Beberapa menit menunggu, Bayu AP muncul dengan tiba-tiba. Dia berkata bahwa dia memiliki janji dengan Pak Heru jam setengah 10. Melihat kesempatan emas, aku pun ikut menunggu dengan Bayu. Kira-kira mendekati jam 10, Pras tiba-tiba datang dengan membawa kabar. 

“Pak Heru udah datang, tadi ada di depanku”

“Di sini belum ada tuh”

“Mungkin Bapaknya ngobrol dulu.. Tunggu aja.”

Dan akhirnya, Pak Heru pun terlihat. Setelah menunggu sebentar untuk memberi kesempatan Pak Heru untuk beristirahat, Bayu pun masuk untuk menemui Pak Heru, dan aku bersama Pras masih menunggu di luar.

1100hrs

Bayu belum keluar dari kantor dosen. Bimbingannya ternyata memakan waktu lama. Pras mengusulkan padaku untuk langsung masuk saja. Aku pun mengikuti sarannya. Di dalam, aku menunggu di ruang tunggu di depan ruang dosen. Bayu tampak sedang berdiskusi seru dengan Pak Heru, dan aku tak mau mengganggunya. Sambil terkantuk-kantuk menunggu, tiba-tiba Pak Hari datang. 

Beberapa menit kemudian, urusan Bayu pun berakhir. Aku dengan segera masuk ke ruangan untuk bertemu dengan Pak Heru. Sesaat setelah menyampaikan maksudku, Pak Hari tiba-tiba masuk.

“Gimana Pak? Bisa nggak?”

Pak Heru : “Mungkin baru bisa minggu depan Pak. Kalau hari Rabu gimana Rif?”

Ditodong dengan jadwal pasti, aku sempat terbengong.

Aku : “Iya Pak. Kira-kira jam berapa?”

Pak Hari : “Jam 8 gimana Pak?”

Aku : “Jam 8 si Pras ada seminar juga Pak.”

Pak Hari : “Jam 9 aja. coba nanti saya hubungi Pak Wisnu”

(via telpon) Pak Hari: “Punten pak, kalo hari Rabu seminarnya si Arif bisa tidak Pak??”

Pak Hari : “Oh ya sudah,, terima kasih Pak”

Pak Hari : “Pak Wisnu bisa”

Pak Heru : “Ya sudah, ini untuk diperbanyak atau untuk saya?” (menunjuk draft skripsiku)

Aku : “Untuk bapak saja..”

Aku kemudian mendekati Pak Hari untuk mengurus berkas pengajuan seminar. 

Pak Hari : “Ini sudah saya tanda tangani semua. Seharusnya sih lewat Pak Yadi dulu, tapi nanti juga ke saya kok”

Aku : “terima kasih Pak”

Pak Hari : “Tapi nanti ke Pak Yadi juga ya.”

Aku : “Ya pak”

Aku pun berpamitan. Di luar, aku masih terbengong-bengong dengan birokrasi yang begitu cepat. Dalam hati, aku berpikir, “Alhamdulillah ya Allah, aku telah Kau beri kemudahan. tapi Aku tidak menyangka kalau semudah ini.” 

Berkas pengajuan seminar belum aku masukkan ke Pak Yadi. Selain karena Pak Yadinya masih mengikuti Rabuan, aku pun masih menunggu pengumuman seleksi AKOSS. Rencananya AKOSS akan diselenggarakan minggu depan, bertepatan dengan waktu seminarku. Aku juga belum memiliki pembahas tetap. Aku akan mencari dulu. Now, time to get home..

1400hrs

Aku berinisiatif untuk pergi ke Direktorat Kemahasiswaan untuk menanyakan kabar AKOSS yang tak kunjung ada. Sesampainya di sana, aku menanyakan perihal lolos tidaknya kami dalam lomba AKOSS. Pak Patra, yang mengurus masalah lomba, mengatakan bahwa belum ada pengumuman. Beliau akan menelepon pihak penyelenggara, Universitas Sultan Agung (UNISSULA). 

“Kalau dari yang PIMNAS, berangkatnya hari Senin ya Pak?”

“Iya..”

“Kalau belum ada kabar bagaimana dengan kami Pak??”

“Ikut berangkat aja. Semua udah diatur kok sama IPB”

Wew.. Seminarku oh seminarku..  Aku pun kembali pulang.

beberapa menit menuju 1600hrs

Sebuah sms masuk ke ponselku. 

Semua paper yg diajukan k ict dr ipb lolos sebagai candidat n berhak ikut pameran d pimnas21. dst..

Sekali lagi setelah beberapa tahun, aku terjebak dalam dua pilihan. Seminar atau AKOSS?? Aku kemudian memutuskan untuk meminta pertimbangan Pak Hari. Segera aku mengirim sms.

Pak, paper kita diterima di pimnas. Menurut bapak bagaimana?

Saya juga baru diberi tahu Ajeng. Ya sudah dipersiapkan saja.

Apa yang dipersiapkan? Seminar atau AKOSS?? Aku pun segera masuk ke YM. Siapa tahu Pak Hari sedang OL. Dan ternyata beliau hadir. Aku segera mengirim pesan.

“Bagaimana Pak jadinya?”

“Sebentar ya, saya menghubungi Pak Wisnu dulu apakah bisa dimajuin Jumat.”

Jumat?? Dua hari lagi. Wew..

“Ya Pak, terima kasih banyak”

Aku menunggu dengan perasaan galau. Saking tegangnya, aku langsung melanjutkan membuat presentasi seminar.

“Pak Wisnu bisa, tinggal menghubungi Pak Heru”

Aku masih menunggu dengan ketegangan yang semakin berlipat-lipat.

“Rif, minta tolong bantuin poster dong.”

“Untuk apa Pak?”

“Untuk pimnas besok. Kalau bisa Jumat, kalau bisa besok ya lebih baik.”

“Wah Pak, kalau besok membuat poster. Saya tidak sanggup kalau seminar hari Jumat.”

“Ya sudah. Seminarnya diundur saja.”

Batu berat seakan diangkat dari tubuhku. Dengan perasaan lega, aku pun mulai mengajukan pertanyaan mengenai poster. Dan cerita ini pun berakhir dengan damai..

 

Aku merenung, mungkin aku masih diberi kesempatan untuk memberikan sesuatu untuk kampusku sebelum aku lulus. Dan aku yakin kalau semua sudah diatur oleh-Nya.

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

27 Komentar

  1. icha

     /  Juli 10, 2008

    semangat arif kun….

    ia ko gini ya….tapi dikau patut bersyukur nak….dibanding diriquw
    udah lama ngertiinnya ye…masuk RS dua kali…
    kita memang harus sabar …semangad2…

    agh…skripsi gw…huhuhu

    Balas
  2. ark_ray86

     /  Juli 10, 2008

    Bagus… bagus…
    semangat yang bagus!!
    Hoki yang bagus!!

    Gw tunggu seminar lo ya…
    jangan sampe gw duluan,, hahahaha…

    Balas
  3. rboy

     /  Juli 10, 2008

    good work bos..semngt yo..doaku menyertai..wkekeke:)

    Balas
  4. @ all:
    hahahaha…😀
    akhirnya sukses juga memaksa tiga orang untuk ngasih comment..:p

    @ icha:
    semangat dah skripsinya.. semoga dimudahkan..

    @ark_ray:
    Ayo seminar..!! Duluan juga gpp kok…

    @rboy:
    terima kasih atas doanya…
    sukses juga bos..:D

    Balas
  5. hf

     /  Juli 10, 2008

    baguss….
    semangetny ok.smua kputusan yg lo ambil pasti ad baekny…so jg cemas :)…moga keberuntungan lo nular di gw amiinnn…heheh
    gut luck bro!

    Balas
  6. khusnain

     /  Juli 11, 2008

    Woww,,, subhanallah!!!!
    Luar biasa.. mumpung ada kesempatan Mas,, berikan yang terbaik untuk almamater dan kampung halaman tercinta..
    Semangat!!!!:D

    Balas
  7. @all:
    hore.. dapat dua korban lagi..😀

    @hf:
    amien.. thanks juga bro..
    semoga sukses ama skripsinya..

    @khusnain:
    Thanks.. apa hubungannya dengan kampung halaman??😀😀

    Balas
  8. Bayu AP

     /  Juli 11, 2008

    Wehehehe…nama gw disebut…weleh2…sory..debat panjang sama pak heru jadi lo terkantuk2 deh…cup..cup..sini..sini deket mamah….
    Weiks…

    hahahaha…..

    jadi deh ke semarang…jangan lupa oleh2 nya…no wingko babat..yang enak pokoke,…

    Hoalah…

    ,,,,

    Balas
  9. prastowo

     /  Juli 11, 2008

    oh ternyata itu rif…..
    ya sudah, semangatya…..
    kasian syadid sendirian di gerung……..
    cup9x

    Balas
  10. @Bayu AP:
    Seneng kan namanya disebut.. makanya bikin blog Bay..
    biar bisa nyebut nama sendiri..😀
    *gubraks*

    Iya nih.. lama banget bimbingannya.. sampe aku ketauan p hari
    pas lagi “setengah sadar”.. untungnya gpp.. aman!!

    @prastowo:
    Selamat seminar ya Pras..
    Maapkan diriku kita tidak jadi seminar bersama..T_T
    Maap juga tidak bisa hadir…

    Semoga diberi kemudahan..

    Balas
  11. Irvan

     /  Juli 11, 2008

    wah wah crita yang kerennnnn,,,,,sorry bos gw baru pulang niy bis nginep di rumah sakit 3 hari hari kamis baru pulang hari jumat medical cek up,,,hari sabtu baru bisa ke sengked lagi ok smangad

    GREP to arifn

    Irvan

    Balas
  12. sakit ya we? kok ga bilang2 siy…

    jadi ikut ke smg tak??😀

    Balas
  13. he…he….
    Akhirnya….bisa memilih…..
    Terkadang kepikiran….”Hidup adalah pilihan”
    dalam suatu kasus ternyata bener jg…….

    Semangat2 rif, semoga pilihanmu adalah pilihan yang terbaik…..sukses kawan…!!

    SEMOGA AKOSS-nya juara boz……

    Balas
  14. Tapi dadi kelingan…..

    Bakal sendirian ni rif di SENGKED VALLEY….

    ******mu tinggal aja rif….:D

    Balas
  15. jelaslah.. dalam hidup pasti kita dihadapkan pada pilihan.. itu pasti..

    sendiri karena aku? atw karena ******??

    ******ku tak bawa did.. kanggo demo program je..😀

    Balas
  16. martinbudi

     /  Juli 14, 2008

    ******mu buat ku aja rif *so tahu..:P*

    btul rif hidup itu perbuatan… eh
    hidup tuh memberi sesuatu gitu maksudnya
    u di beri kesempatan untuk mengharumkan nama IPB->ILKOM->KELUARGA->ANGKATAN->gua
    jadi secara g langsung u berjuang untuk gua😀
    semangat ya nak….
    doaku besertamu…..😀

    Balas
  17. masithoh

     /  Juli 14, 2008

    mudah-mudahan bisa membawa kemenangan wat IPB…Amin..

    Balas
  18. wheew

     /  Juli 14, 2008

    akhirnya bisa pulang juga…semarang seakan menanti, heu2…sambil menyelam…wah..oleh2 jgn lupa yo! he2… moga tim2 dari ilkom bisa menang. Amiiin..

    Balas
  19. @martin:
    wah tin, kalo ******ku bwt kamu, entar aku gimana dong??
    trus ******mu mau dikemanain??
    (apaan siy,, )
    terima kasih semangatnya!!

    @masithoh:
    semoga diberi kemudahan, amien..

    @wheew:
    iyap,, aku pulang..
    wah saya ga menyelam mbak.. naik bis kok..:D
    semoga diberi kemudahan juga,,, amien…

    Balas
  20. f5n

     /  Juli 14, 2008

    wah aq disuruh komen nih…

    1. mengangkat nama baik almamater IPB adlh sebuah tanggung jawab semua civitas IPB, tapi… km pny kesempatan yang tidak semua civitas IPB punya… so, do your best!! *
    2. oleh-oleh jangan wingko donk.. ganti lah rif…
    terserah apa aja.. hehe…

    *) cuma buat nambahin2 padahal sih intinya no.2
    hehe…

    Balas
  21. f5n

     /  Juli 14, 2008

    tambahin ah…

    kan syadid udah punya ******… yang selalu siap menemani…
    iya ngga did? hehe…

    arifn said,
    wah tin, kalo ******ku bwt kamu, entar aku gimana dong??

    lho rif.. punyamu namanya ****** juga tho?? kok aq baru tahu ya… hehe…

    Balas
  22. @f5n:
    wew… apa ya?? gimana kalo ****** babat??
    hehehehehe… *kaburrr*

    kan ****** blm tentu nama,, bisa juga sebuah “barang” (ingat percakapan kita kemaren malam??)..😀

    Balas
  23. ahhh…
    damn, you’re too fast.

    okelah, good luck ya rif.. for everything.

    Balas
  24. waduuh, sampean ga bilang2 ni kalo ga jadi seminar rb.. padahal gw dah siap2 jadi pembahas, ck ck ck… ya sudah, tetap semangat rip… jangan lupa oleh2nya sekalian yaks…

    Balas
  25. maap bang khadi… saking bingungnya… saiiya belum sempet ngubungin mas Khadi…
    nanti saiiya kabari lagi ya…:D

    Balas
  26. wah-wah kok komenq diganti ****** ….

    jo lali ******e ya rif???

    Balas
  27. ya…

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: