Tinggal Pakai

Baru-baru ini, aku membaca beberapa halaman depan sebuah buku manajemen. Seorang lulusan komputer membaca buku manajemen? Mengapa tidak? Buku ini berbeda dengan buku yang lain. Lihat saja dari judulnya, The Apple Way.

Siapa orang komputer yang tidak tahu Apple Computer, Inc. Sebuah perusahaan yang menghasilkan produk teknologi yang tidak saja terkenal elegan dan bercitarasa tinggi, namun juga sangat mudah untuk digunakan. Produk-produk yang telah mereka hasilkan di antaranya adalah iPod,  MacBook, dan Mac OS X. Semuanya tak bisa lepas dari peran sang pemimpin Apple, Steve Jobs.

Kembali ke topik. Pada halaman depan yang aku baca, penulis buku memberikan pengalamannya dalam menggunakan produk Apple. Dia begitu terkagum-kagum dengan kemudahan penggunaan produk Apple tersebut. Sebagai pengguna biasa, dia merasakan pengalaman yang berbeda dengan produk Apple itu.

Pengguna biasa dan luar biasa

Tak dapat dipungkiri, pengguna komputer terbagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah yang biasa disebut dengan pengguna biasa. Para pengguna ini hanya menggunakan komputer sesuai dengan keperluannya. Mereka tidak mau ambil pusing bagaimana sistem itu bekerja. Hal yang terpenting bagi mereka, mereka mencapai tujuan yang mereka capai dengan komputer. Dan Apple telah berhasil merancang produknya semudah mungkin untuk membantu mereka.

Di sisi lain, ada juga pengguna luar biasa. Mereka kebanyakan menghabiskan banyak waktu mereka di depan komputer dan berusaha memaksimalkan potensi komputer. Berapa perbandingan antara pengguna biasa dan luar biasa? Aku tidak memiliki data, namun dapat dipastikan bahwa pengguna biasa itu masih ADA.

Rahasia Apple

Mengapa produk Apple begitu mudah untuk digunakan? Mengapa produk Apple bisa memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda?

Penulis buku ini memberikan pendapatnya mengenai hal ini. Because Apple take full control of its softwares and hardwares. Bahan-bahan yang digunakan oleh Apple dipilih oleh mereka sendiri, dengan konfigurasi mereka sendiri, dan dijalankan dengan software yang mereka buat sendiri. Bandingkan dengan produk lain, Windows misalnya, dapat digunakan pada berbagai jenis hardware. Sehingga pengaturan standar cukup sulit untuk dilakukan. Apple membuat produk mereka secara eksklusif, and they take control all of the aspects. Itulah kehebatan Apple dan Steve Jobs.

Jadi intinya? Asal-asalan aja. Kalau anda memakai produk Apple, anda tinggal memakai saja. Apple handle all the rest.. Kecewa? Tunggu kelanjutan ceritanya. Aku mau baca lagi. Peace!!

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

1 Komentar

  1. waduh aq termasuk pengguna biasa atau luar biasa y bos?

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: