Syarat Cukup

Di dunia ini ada beberapa orang yang berbeda dengan orang kebanyakan. Berbeda di sini dimaksudkan dari segi bakat, potensi, ataupun intelegensia. Mereka orang-orang yang memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan orang kebanyakan. Apakah kesuksesan selalu menemani mereka?

Outliers: the Story of Success menerangkan berbagai macam kejadian yang membuat orang spesial menjadi spesial. Ternyata selain kemampuan dalam diri mereka sendiri, ada faktor lain yang berpengaruh di dalam kehidupan mereka. Faktor-faktor inilah yang kemudian menyebabkan beberapa dari mereka sukses, atau tidak kurang sukses untuk ukuran orang biasa.

Perbandingan Nilai dan Sukses

Dalam buku ini ada beberapa fakta menarik yang diangkat melalui beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan. Satu hal yang menarik menurut saya adalah ketika ada peneliti yang membandingkan nilai kuliah dengan kesuksesan mereka dalam karier. Penelitian dilakukan dengan mendata mereka yang memiliki IPK di atas rata-rata dan beberapa yang lain yang memiliki IPK yang sedang-sedang saja.

Beberapa tahun kemudian, orang-orang tadi dicek kembali. Bagaimanakah kehidupan dan karier mereka setelah lulus dan memasuki dunia kerja. Ternyata, orang dengan IPK yang di atas rata-rata tidak semuanya mengalami kesuksesan dalam karier. Lalu yang menarik adalah mereka yang memiliki IPK sedang-sedang saja. Apakah mereka gagal dalam kehidupan dan karier mereka? Ternyata tidak. Kebanyakan dari mereka justru malah merasa berhasil dan nyaman dengan kehidupan mereka. Mereka masih mampu bersaing dengan orang lain. 

Asal Cukup

Mengapa mereka bisa sukses? Ternyata nilai akademis tidaklah menentukan kesuksesan seseorang. Mengapa? Dalam Outliers, diungkapkan sebuah fakta bernama syarat cukup. Syarat cukup ini adalah batas bawah atau minimum requirement yang diperlukan oleh seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalau dalam dunia komputer, istilah ini sering digunakan sebagai standar terendah sebuah software agar dapat berjalan dengan lancar.

Begitu juga dalam kehidupan. Kita tidak perlu menguasai segalanya hanya untuk melakukan suatu pekerjaan. Kita hanya perlu memiliki kemampuan yang cukup untuk melakukan pekerjaan tersebut. Mereka dengan nilai sedang tersebut telah memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan apa yang mereka kerjakan. Mereka sudah cukup bisa untuk melakukannya. Dan mereka pun bisa bertahan dalam kehidupan mereka. 

Jadi kawan, janganlah minder jika engkau tidak memiliki nilai yang tinggi. Yang utama, kita hanya perlu menguasai suatu bidang yang kita sukai. Jalankan dengan kemampuan terbaikmu, maka sukses akan menghampiri.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

7 Komentar

  1. Yups…spesialisasi sebuah bidang pekerjaan memang bnr2 dibutuhkan..so sekali lg ekspresikan dirimu…hehe…

    Balas
  2. syarat cukupp ya
    humm.. very interesting, i just read it today.. nice post.
    Permission to share bro..

    Balas
  3. dee

     /  Juli 3, 2009

    nice post

    inspiring me🙂

    Balas
  4. amin..sama2 sukses juga buat arif..^_^

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: