Rubah atau Landak?

Saya yakin para pembaca tahu binatang yang bernama rubah atau landak. Kedua binatang ini ternyata memiliki arti yang khusus. Apakah arti khusus tersebut? Apakah perbedaan di antara keduanya?

Freeman J. Dyson, seorang fisikawan terkemuka, di dalam kata pengantar sebuah buku menulis perbedaannya sebagai berikut:

Ilmuwan besar ada dua macam–demikian menurut penyair abad ke-7 SM, Archilochus–tipe rubah dan tipe landak. Rubah tahu banyak trik, landak hanya tahu satu trik. Rubah suka mencoba semua hal, mudah bergonta-ganti perhatian. Landak hanya tertarik pada beberapa persoalan penting dan berkutat dengan persoalan-persoalan yang sama selama bertahun-tahun.
(Sumber: Feynman: Genius Fisika Paling Cool Sedunia, hal.5)

Landak

Landak

Untuk sementara, kita ganti kata ilmuwan dengan kata manusia. Manusia adalah makhluk pembelajar. Secara tidak sadar, manusia akan mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di sekelilingnya. Terkadang ketika kita menghadapi suatu permasalahan pun kita juga akan mengambil pelajaran. Ketika kita melakukan sesuatu secara alamiah kita mempelajari lebih dalam mengenai apa yang kita lakukan itu. Semakin sering kita menangani suatu bidang, semakin ahli pula kita mengenai bidang tersebut.

Sekarang ijinkan saya untuk bercerita sedikit mengenai diri saya. Saya adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Meskipun saya sering mendapatkan zona nyaman setelah mempelajari sesuatu, saya selalu berusaha mencari petualangan yang baru. Salah satu contohnya adalah petualangan yang saya rasakan saat menulis blog.

Vulpes corsac

Vulpes corsac

Pada saat pertama kali menulis blog, saya menggunakan layanan blog cuma-cuma yang disediakan oleh WordPress.com. Blog yang sedang anda baca inilah blog pertama saya. Dari beberapa sumber, saya mendapatkan informasi bahwa engine dari blog WordPress ternyata juga tersedia untuk diunduh secara cuma-cuma. Jadilah saya mengunduhnya dan menaruhnya dalam server hosting yang saya atur sendiri. Di sini saya mendapatkan beberapa pengalaman mengenai hosting. Saat inilah saya sempat merasakan zona nyaman untuk menulis blog. Saya mengatur sendiri konfigurasi blog saya, membuat theme saya sendiri, dan memiliki domain sendiri. Semua berjalan lancar. Beberapa saat kemudian, secara tidak sengaja saya menemukan engine blog bernama MovableType. Engine ini sedikit berbeda dengan WordPress karena menggunakan Perl dan konsep CGI dalam instalasinya. Dan saya pun mulai tertarik untuk mencobanya.

Dengan cerita tersebut di atas, mungkin saya lebih dekat ke rubah daripada ke landak. Terkadang saya kurang ingin mendalami suatu bidang tertentu dan lebih senang untuk mencoba hal-hal yang baru. Hal inilah yang kadang menyulitkan saya untuk berkonsentrasi pada hanya satu bidang saja.

Lalu bagaimana peran keduanya? Apakah tipe landak lebih baik daripada tipe rubah? Freeman melanjutkan dalam tulisannya:

Temuan-temuan besar dilakukan oleh landak, temuan-temuan kecil oleh rubah. Sains membutuhkan landak dan rubah untuk berkembang. Landak menggali beberapa persoalan pada dasar-dasarnya, rubah menjelajahi detail-detail dari banyak persoalan. Einsten seorang landak, sedangkan Feynman seorang rubah.
(Sumber: Feynman: Genius Fisika Paling Cool Sedunia, hal.5)

Bagaimana dengan para pembaca sekalian? Apakah anda termasuk tipe rubah atau tipe landak?

Referensi: Feynman: Genius Fisika Paling Cool Sedunia oleh Richard P Feynman diterbitkan oleh Mizan Pustaka
Credits:

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

10 Komentar

  1. hmm… kenapa landak memiliki temuan2 besar dan rubah memiliki temuan2 kecil? seperti einstein dan fenyman tadi. krn, meski landak hanya tau pada satu trik, namun ia fokus. maka hasilnya ia menemukan sebuah hal yg besar. sementara rubah tidak suka hanya begerak dan fokus pada satu titik. maka temuan2 yg ia dapatkan hanyalah temuan2 kecil. sebab ia tidak mendalami sebegitu fokus ttg satu hal.

    namun landak atau rubah sama saja. sama-sama ciptaan Tuhan. mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.:mrgreen:

    Balas
    • besar atau kecil, temuan adalah temuan. Semuanya pasti berguna bagi kehidupan. Ada temuan yang mungkin lebih berguna bagi seseorang dibandingkan dengan temuan yang lain. Belum tentu temuan kecil tidak lebih berguna dibandingkan dengan temuan yang lebih besar.

      Ya, tentu saja, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua saling melengkapi satu dengan yang lainnya..

      Balas
      • saya tidak bilang kan klo temuan besar lebih berguna dari temuan yang kecil? i just said, the big invention comes from the big focus on the one side.😉

      • and the fox didn’t focus on one point so that it “only” invent small things.

      • uh huh, yeah, you’ve said that on the article… but i prefer being NEMO.🙂

        *on the Jules Verne’s “20.000 Leagues Under The Sea”, NEMO’s explained as nothing (bukan siapa2). if im not mistaken, NEMO is the name of the capten who never want to publish his real name and profile. so, nemo’s not a fish. *maaf OOT*

      • I just rewrote your comment before..

        So about this “NEMO”, means you prefer being anonymous?

  2. Landak sepertinya emang lebih keren… tapi rubah lebih fun!! hehee..
    let’s study politics😀

    Balas
  3. I prefer being “Shadow” then “Knuckles” in Sonic The Hedgehog.🙂
    Now I know the reason why you want to learn “How to fly” with Python. You have the spirit of “Knuckles” dude.

    Balas
  4. Andreas Tjong :
    I prefer being “Shadow” then “Knuckles” in Sonic The Hedgehog.
    Now I know the reason why you want to learn “How to fly” with Python. You have the spirit of “Knuckles” dude.

    Correction “Tails” not “Knuckles”. :p

    Balas
  5. @danu:
    wah, kalo politik kayaknya terlalu jauh dan..
    mungkin sains atau ekonomi?

    @andreas:
    I don’t know about the “Shadow”,, but did “Tails” has the fox spirit?

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

