Kejahatan yang “Lain”

Alkisah, aku dan teman-teman mendapatkan tugas dari mata kuliah kriptografi. Sedikit tentang kriptografi, kriptografi adalah ilmu yang mempelajari masalah keamanan data. Nah, di tugas ini kelompok kami mendapatkan tugas untuk membahas keamanan di dunia perbankan, termasuk di antaranya kejahatan di dunia perbankan, contoh kasusnya, dan bagaimana mengatasinya.

Beberapa hari kemudian, salah satu anggota kelompokku, sebut saja Mr. X, menerima sebuah sms dan menunjukkannya kepadaku. Sms tersebut berisi pemberitahuan mengenai acara diskusi mengenai kejahatan perbankan. Acara ini diselenggarakan oleh HIMMPAS dan yang paling penting: gratis. Di pikiran kami, acara ini adalah mengenai kejahatan perbankan yang sedang cukup ramai dibicarakan, yaitu mengenai kasus pembobolan ATM menggunakan skimmer. Karena relevan dengan tugas kami, maka kami pun sepakat untuk menghadirinya.

Jadilah aku dan Mr. X menghadiri acara tersebut. Setelah menunggu beberapa saat, makalah pun dibagikan. Makalah tersebut terdiri dari dua bagian. Kami membaca sekilas mengenai kedua makalah tersebut. Kami pun termenung, kemudian tertawa dalam hati. Makalah tersebut berisikan kejahatan perbankan, dalam artian kejahatan kerah putih dengan studi kasus Bank Century. Sedangkan kami berpikir bahwa kejahatan yang dimaksud oleh acara ini adalah kasus skimmer.

Akhirnya kami pun duduk dan mendengarkan pemaparan para pembicara. Dua pembicara membicarakan tentang kasus kejahatan perbankan dari sisi ekonomi dan dari sisi hukum. Yah, walau sedikit tidak paham, paling tidak kami mendapat ilmu baru.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: