Foto Keluarga

Beberapa hari yang lalu saat aku pulang ke rumah, ayahku dengan penuh semangat menyuruhku untuk membuka foto di flash disknya. Foto tersebut beliau dapatkan dari kunjungannya beberapa hari sebelumnya ke tempat pamanku. Rupanya, pamanku ini memberikan foto dalam bentuk digital ini ke dalam flash disk ayahku tadi.

Aku penasaran, mengapa ayahku ini kok begitu bersemangat. Sesaat setelah aku membuka file foto tersebut, aku pun tahu. Foto tersebut ada dua jumlahnya. Semuanya foto keluarga, diambil mungkin sekitar 24 tahun yang lalu. Di foto pertama tampak ayah ibuku dengan dikelilingi saudara-saudari ayahku di belakang mereka. Di bagian tengah ada kakek dan nenekku yang masih tampak muda. Mereka semua berdiri di depan rumah ayah. Semuanya masih tampak sangat muda dan semuanya tersenyum gembira. Gigi-gigi dan mata mereka bersinar-sinar sehingga menyilaukan pandangan yang melihatnya (okay, I’m exaggerating ^^).

Foto kedua agak berbeda, kali ini fotonya diambil di dalam rumah. Di situ terlihat ayah dan ibuku duduk di kursi, ibuku menggendong kakakku yang masih bayi. Di belakang beliau berdua, adik-adik ayahku tampak gembira berdiri, tersenyum seperti foto pertama. Di mana diriku? Saat itu, mungkin aku masih dalam proses perencanaan.

Melihat kedua foto tersebut, mau tak mau aku teringat pada cerita ayahku saat masih muda. Tentang bagaimana ia bekerja keras sampai akhirnya bisa membeli rumah. Kemudian menikahi ibuku dan membantu kuliah adik-adiknya. Coba lihat, betapa bangga dan gembira wajah kakek, nenek, dan adik-adiknya. Aku hanya bisa merenung, apakah suatu saat nanti aku juga akan bisa seperti beliau? Saat ini masih duduk di bangku sekolah, thanks to him too who still believes in me. Belum pernah mengalami masa-masa kerja keras yang benar-benar keras.

Semoga suatu saat nanti aku bisa mengikuti jejakmu Ayah… Happy birthday… Semoga sehat selalu dan senantiasa berada dalam lindunganNya… I’ll make you proud..

NB. Karena beberapa alasan pribadi, foto keluarga yang dimaksud tidak saya tampilkan..

Tinggalkan komentar

8 Komentar

  1. hmm.. jadi ini toh surprise-nya. ayahnya ultah ya di 21 april.. waah selamat. sampaikan salam saya utk beliau.🙂

    P.S. padahal sy penasaran sama foto keluarganya hehehe

    Balas
  2. Sayang foto keluarga saya malah ga kebawa.. T.T

    Balas
  3. mana foto keluarganya yak??? *nyari2*

    Balas
  4. wah penasaran nih.. PM aja deh gan.. hehe..

    Balas
  5. hmmm…perjuangan tak kenal lelah akan membuahkan sebuah hasil yang diinginkan…

    Balas
  6. @dhila:
    surprise… how do u think? he3..😀

    @miftahgeek:
    ketinggalan di mana mas??

    @linatussophy:
    kan ada di tulisannya.. di flashdisk ayah saya.. he3..🙂

    @hadi:
    He3.. ga boleh ah.. foto kuno tuh.. ^^

    @wahyu:
    amien.. iya mas.. SEMANGAT!! ^^

    Balas
  7. Mampir ah..capek jalan-jalan
    Boleh minta minumnya gak mas ?

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

