Bola dan Prediksi

The World Cup 2010 is Here!!

Telat ya? He3. Paling tidak sekarang masih dalam rentang waktu penyelenggaraan Piala Dunia. Saat ini memasuki akhir minggu kedua Piala Dunia. Banyak kejutan yang terjadi dalam pertandingan-pertandingan awal. Semoga saja kejutan-kejutan ini terus ada supaya Piala Dunia ini menjadi lebih seru.

Jadi, untuk memeriahkan Piala Dunia ini, aku akan menulis suatu hal yang erat kaitannya dengan dunia sepak bola, yaitu prediksi. Namun pada tulisan ini, aku tidak ingin menuliskan prediksi siapa pemenang Piala Dunia 2010. Di tulisan ini, aku akan menuliskan kisah tentang salah satu basis pembuatan prediksi.

“Wah komentatornya bodoh!!”, teriak salah satu penonton.

“Kenapa?”, tanya penonton yang lain.

“Itu, dia bilang berdasarkan catatan pertandingan antara tim A dan B, tim A lebih sering menang daripada tim B. Jadi kemungkinan pertandingan kali ini tim A memiliki peluang yang lebih besar untuk menang.”, kata penonton pertama.

“Iya, trus?”, tanya penonton kedua.

“Nah, itu kan kejadian dulu. Sekarang kan udah beda, wasitnya beda, pemainnya beda, lapangannya beda, pelatihnya beda, penontonnya beda, suhunya beda, kondisi cuaca beda. Terus, bagaimana itu bisa dijadikan dasar penarikan prediksi?!!”, kata penonton pertama berapi-api.

Aku, mendengar pernyataan tersebut, mau tak mau menjadi berpikir. Apakah benar ada hubungan antara catatan pertandingan sebelumnya dengan pertandingan sebenarnya yang akan terjadi. Mungkinkah mereka saling mempengaruhi?

Pertandingan sepak bola, seperti pertandingan lainnya, memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya. Ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari tim yang akan bertanding, seperti pemain, pelatih, bola, wasit, dan sebagainya. Kemudian masih ada faktor eksternal yang datang dari lokasi pertandingan, seperti stadion, kondisi rumput, ketinggian, cuaca, penonton dan vuvuzela mereka (mungkin), dan keberuntungan. Faktor-faktor yang sedemikian banyak ini apakah memungkinkan kita untuk menganggap bahwa sebuah pertandingan sepakbola adalah kejadian yang saling lepas dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya?

Catatan pertandingan mengingatkanku pada ilmu statistika. Sebelumnya aku nyatakan bahwa aku tidak terlalu paham mengenai statistika karena pada bidang keilmuan yang kuambil hanya ada 3 sks mata kuliah metode statistika. Jadi mohon dibenarkan bila ada kesalahan dalam tulisan ini. Dari ilmu statistika yang kuingat, ada yang disebut dengan trend. Trend ini diketahui dari nilai-nilai statistik yang didapatkan dari penelitian sebelumnya. Kita bisa menentukan kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa menggunakan trend tersebut. Lalu apakah trend ini dapat diterapkan pada pertandingan sepak bola? Pertandingan yang akan terjadi diprediksi dari catatan pertandingan sebelumnya?

Kurangnya pengetahuan dalam ilmu statistika membuatku bertindak nekat. Aku pun mengajukan pertanyaan kepada beberapa teman yang kebetulan menggeluti bidang ini. Namun, sepertinya usahaku belum membuahkan hasil. Well, aku tidak bisa memaksa mereka untuk meninggalkan pekerjaan mereka yang mungkin jauh lebih penting bila dibandingkan dengan menganalisis hubungan ilmu statistika dengan sebuah pertandingan sepak bola. Aku belum mendapatkan jawaban dari mereka, sama sekali.

Bagaimana dengan pendapat teman-teman sekalian? Adakah hubungan antara catatan pertandingan dengan prediksi pertandingan sepak bola?

Akhir kata, selamat menikmati World Cup 2010. Semoga tim yang terbaik yang menang..😀

Credits:

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

8 Komentar

  1. oh… vuvuzela to namanya…
    yang suaranya kayak tawon itu ya mas.
    juwaranya tetap dari afrika selatan..

    Balas
  2. nonton bola dan mikirin strateginya itu seru banget. hehe.

    Balas
  3. raimenceng

     /  Juni 20, 2010

    Nonton bola bikin aku kurang tidur.
    Hoaahm… Ngantuk.:mrgreen:

    Balas
  4. Aing bobotoh PERSIB😀

    Balas
  5. Internet Murah

     /  Juni 20, 2010

    berkunjung antar blog kawan

    thanks untuk sharing ilmunya sangat bermanfaat
    Cara Menghindari penipuan Di Internet
    Ready Stock

    Balas
  6. @awik:
    afrika selatan bukannya lagi jelek ya mas mainnya??

    @dhila:
    iya.. tentu saja…😀

    @raimenceng:
    he3…
    tapi kerja tetep jalan terus kan mas?

    @miftahgeek:
    wah, mas miftah dari bandung ya?

    @Internet murah:
    hmm…

    Balas
  7. itu cuma catetan di atas kertas rif.. Kalo pertandingannya sendiri sudah pasti ga dipengaruhi sama pertandingan sebelumnya.. Yang mempengaruhi hasil itu yaa faktor2 internal dan eksternal itu rif.. Inget kata tsubatasa rif, “Bola adalah teman” :p

    Balas
    • Engga di kertas kok bang hadi.. tapi di tipi..
      iya sih.. tapi mengapa itu selalu disebut-sebut ya? apa karena ga ada bahan lain yang bisa dibicarakan? penghasilan utama negara tersebut misalnya? atau tempat wisata menarik yang dimiliki negara yang bersangkutan? *tambah ga nyambung*

      hahaha.. jadi pengen liat ente main bola lagi..😀

      Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: