The Twelfth Card – Kartu Kedua Belas

Wah, sudah lama sekali sejak terakhir kali aku membaca novel thriller detektif Jeffery Deaver. Akhirnya aku berhasil menyelesaikan satu buah novelnya yang berjudul The Twelfth Card, atau Kartu Kedua Belas. Novel ini merupakan seri keenam dari petualangan Lincoln Rhyme.

Bercerita sedikit mengenai Lincoln Rhyme, dia adalah seorang kriminalis yang terpaksa pensiun karena mengalami kecelakaan pada saat olah TKP. Akibat kecelakaan tersebut, Rhyme mengalami lumpuh dan hanya bisa menggerakkan kepala, bahu, dan satu jari manis sebelah kiri. Sempat mengalami depresi berat dan ingin bunuh diri, Rhyme terselamatkan oleh sebuah kasus yang datang kepadanya. Menangani kasus tersebut membuat Rhyme kembali bersemangat untuk tetap hidup. Dalam kasus ini ia bertemu dengan Amelia Sachs, seorang polisi, yang kemudian menjadi tangan kanan Rhyme dalam mengerjakan olah TKP.

Dalam seri ini, Lincoln Rhyme dihadapkan pada sebuah kasus percobaan perkosaan yang diarahkan kepada Geneva Settle. Geneva adalah seorang anak kulit hitam berusia enam belas tahun yang tinggal di daerah Harlem yang penuh dengan kekerasan. Pada saat diserang, Geneva sedang menyelidiki tentang asal usul kakek buyutnya yang bernama Charles Singleton untuk tugas sekolahnya. Charles Singleton adalah seorang mantan budak yang ternyata memiliki pengaruh penting dalam perjuangan hak sipil warga kulit hitam pada tahun 1860-an ketika ia kemudian dituduh melakukan pencurian dan ditangkap oleh polisi.

Rhyme kemudian menyadari bahwa petunjuk yang ditunjukkan pelaku yang mengarah kepada perkosaan adalah petunjuk palsu. Pembunuh bayaran yang mengincar Geneva masih berkeliaran, menunggu kesempatan untuk menyelesaikan tugasnya. Rhyme dibantu rekan-rekannya: Sachs, Lon Selitto, Mel Cooper, Roland Bell, dan Fred Dellray, berusaha untuk mengungkap siapa pembunuh bayaran tersebut, motif apa sebenarnya dibalik rencana pembunuhan Geneva, dan apa kaitannya dengan kasus Charles Singleton 140 tahun lalu.

Cerita dalam novel ini mengalir dengan luar biasa. Diawali dengan gambaran kejadian yang dialami Charles Singleton saat berusaha melarikan diri dari tuduhan pencurian yang dilakukannya. Kemudian diikuti dengan percobaan pembunuhan Geneva Settle yang gagal. Cerita kemudian mengalir dengan cepat dan misteri dibuka satu persatu secara apik. Perpindahan alur tokoh antara Rhyme, sang pembunuh bayaran, dan satu orang misterius membuat novel ini dipenuhi dengan ketegangan. Dan seperti biasa, Jeffery Deaver selalu memberikan kejutan di akhir cerita, dalam novel ini sebuah kejutan yang akan mengubah hidup Geneva Settle selamanya.

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

6 Komentar

  1. Boleh minjem novelnya?🙂

    Balas
  2. hoo..
    sy juga minjem mas.. he3..

    Balas
  3. Rekomen bagus😀

    Balas
  1. "The Twelfth Card" by Jeffery Deaver – A Thriller to the Core |
  2. The Vanished Man – Si Perapal « radical[]rêveur

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: