Apa Bedanya Facebook dengan Twitter?

Pada suatu hari yang cerah, hari seperti biasanya, aku sedang duduk di depan layar komputer menatap tab-tab dalam browser yang terbuka. Sesekali aku mengetik sesuatu yang cukup penting, walaupun sebenarnya itu hanyalah sebuah update status di Twitter atau Facebook. Di belakangku, ada beberapa mahasiswa S3 yang sedang asyik mengobrol dan berdiskusi. Tiba-tiba sebuah pertanyaan terlontar dari salah seorang ibu mahasiswi, “Apa sih bedanya Twitter dengan Facebook?

Pikiranku kemudian melayang, memikirkan berbagai macam penjelasan yang kira-kira dapat kupakai sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut. Ada beberapa jawaban gila yang muncul, berikut adalah salah satunya.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar tentang Facebook dan Twitter. Salah satu yang mungkin cukup signifikan adalah perbedaan dalam hubungan antara setiap individu dalam kedua situs jejaring sosial tersebut. Pada Facebook, hubungan sosial antara dua individu bersifat komutatif. Maksudnya, jika si A berteman dengan si B, sudah pasti si B juga berteman dengan si A. Berbeda dengan Facebook, Twitter menggunakan sistem following-follower. Pengertian following adalah orang-orang yang kita ikuti update statusnya, sedangkan follower adalah orang-orang yang mengikuti update status kita. Pada sistem ini, jika si A follow (mengikuti) si B, maka si B tidak harus selalu mengikuti si A. Si B bisa memilih sendiri siapa-siapa yang ingin dia ikuti update statusnya.

Untuk membuat perbedaan ini terlihat lebih sederhana, mari kita gunakan teori graf untuk merepresentasikan hubungan sosial antar member pada situs jejaring sosial ini. Sebelum memulai representasi graf, mari kita bahas sedikit teori tentang graf.

Teori graf digunakan untuk mempelajari tentang graf, yaitu sebuah struktur matematika yang digunakan untuk memodelkan relasi pasangan antar objek dalam sekumpulan objek tertentu. Graf merupakan himpunan node atau verteks dan sekumpulan edge atau arc yang menghubungkan dua buah node tertentu. Banyak hal dalam dunia ini yang bisa dimodelkan dengan graf. Algoritma PageRank dalam search engine Google merupakan salah satu contoh penerapan graf.

Ada dua jenis graf. Jenis pertama disebut sebagai graf tak berarah (undirected graph) yang tidak menganggap adanya perbedaan antara dua buah node yang dihubungkan oleh sebuah edge. Jenis kedua disebut graf berarah (directed graph-digraph), yang memiliki pengertian bahwa edge diarahkan dari satu node ke node yang lain. Mari kita melihat representasi hubungan sosial dalam Facebook dan Twitter untuk mengakhiri semua kegilaan ini😀

Hubungan pertemanan dalam Facebook dapat dimodelkan dengan menggunakan graf tak berarah. Hal ini disebabkan adanya hubungan yang setara antara dua orang dalam situs ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi jika si A terhubung dengan si B, maka si B juga terhubung dengan si A (sifat komutatif). Representasi graf dari hubungan sosial dalam Facebook dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Contoh representasi graf hubungan sosial di Facebook

Pada gambar di atas dapat kita lihat, A memiliki hubungan pertemanan dengan B. B memiliki hubungan pertemanan dengan A, C, dan D. C memiliki hubungan pertemanan dengan B dan D. Akhirnya, D memiliki hubungan pertemanan dengan B dan C.

Berbeda dengan Facebook, hubungan sosial dalam Twitter dapat direpresentasikan sebagai graf berarah, atau digraph. Pertama, kita asumsikan bahwa arah pada edge menunjukkan aliran informasi (atau update status) dari satu akun ke akun lain. Artinya jika si A mem-follow si B, maka A akan mendapatkan informasi status dari B, sehingga akan ada edge berarah dari B ke A. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Contoh representasi hubungan sosial di Twitter

Dari gambar di atas, dapat kita lihat beberapa hubungan sosial. Si A mem-follow si B, atau dengan kata lain A adalah follower dari B. B adalah follower dari C dan D. C adalah follower D. Dan akhirnya D adalah follower dari B. Pada edge yang menghubungkan antara B dan D terdapat dua arah. Hal ini menunjukkan hubungan timbal balik antara B dan D. Artinya, B merupakan follower dari D dan vice versa.

Penggunaan teori graf tersebut kurang lebih dapat memberikan gambaran mengenai perbedaan hubungan sosial antara Facebook dan Twitter bukan?😀

Jadi, apa perbedaan antara Facebook dan Twitter?“, tanya si ibu tadi membuyarkan lamunanku.

Emm, kalau Facebook kan biasanya untuk hubungan personal dengan teman kita bu, sedangkan Twitter biasanya lebih ke untuk mendapatkan informasi“, jawabku singkat.

Bagaimana menurut pendapat teman-teman?

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

24 Komentar

  1. hmm.. gampang aja (ga usah pake analisa :P) … bedanya: Facebook diawali dengan huruf ‘F’ dan klo diabsen pasti lebih dulu. kalo Twitter diawali dengan huruf ‘T’. *komen ga serius*:mrgreen:

    Balas
  2. inet

     /  Oktober 5, 2010

    bedanya Facebook sama Twitter………
    Facebook bisa maen game, Twitter ga bisa..wkwkwk
    Facebook jadi ajang narsis, Twitter jadi ajang bawel dan exist
    Facebook ga bikin sakit hati, soalnya kalo ngeadd, kalo diapprove otomatis dy approve kita juga, twitter bikin sakit hati, soalnya kalo ngefollow blom tntu difollow…huehehehe

    Balas
  3. kikyou

     /  Oktober 5, 2010

    walahhh ribet.. meh njelaske ngono ae kok pake teori graf ( -_-)!

    Balas
  4. Jelas beda dong… Haahahaha…😆

    Lho? Kalo follower (pengikut) bukannya tanda panahnya malah terbalik ya?
    Jadi, kalo “A adalah follower dari B”, harusnya tanda panahnya dari A ke B. Jadi di gambar penjelasan twitter di atas, saya malah mikirnya “B adalah follower A”. Saya mikirnya gitu.:mrgreen:

    Balas
  5. hoho…. jujur. kalo ditanya dengan pertanyaan yang sama, aku pasti bingung juga. Mas arif keren juga ya, sepersekian menit setelah mendengar pertanyaan itu, langsung bisa kepikiran teori graf… ckckck…

    bedanya: ada di kolom kriminal. kata “Facebook” tercetak lebih sering di kolom kriminal surat kabar. Hehe…

    Balas
  6. nah, kalo ane udah nemu konsep perbedaan fb, twitter, friendster, n geolocation [dalam hal ini dipake koprol], fiuh, mudah2an bener konsepnya xp

    Balas
  7. @dhila13:
    hahaha… dasar😛

    @inet:
    he3.. betul tuh…
    Twitter bisa buat maen game juga kok…

    @kikyou:
    maklum mbak, lagi gila..😀

    @rave:
    well, sebenarnya ga sepersekian detik, karena sebelum ibunya tanya,
    aku juga pernah berpikir tentang ini sebelumnya…
    Kolom kriminal? hahahha…

    @miftahgeek:
    mana mas konsepnya? liat dong..

    Balas
  8. hadi

     /  Oktober 6, 2010

    bedanya fesbuk sama twiter?
    Kalo fesbuk sering saya buka kalo twiter jarang saya buka.. hahaa..

    Balas
  9. guaa belajar twitter sampe skg ggag ngerti2😦

    Balas
  10. @hadi:
    haha.. pendapat yang amat sangat subjektif sekali..😛

    @yolanda:
    hmm.. padahal simple lho mbak..
    jauh lebih simple daripada facebook..

    Balas
  11. tapi banyak juga facebook yang mengadopsi teori twitter. Apabila kita meng-invite seseorang sebagai teman, kemudian orang tersebut belum meng-approve request kita, kita sudah bisa baca posting-an orang tersebut. Akan tetapi dengan limit privilege tertentu, apakah bisa kita comment atau tidak.

    Balas
    • iya dian.. ada beberapa fitur twitter yang diadopsi twitter, seperti mention dan masalah request pending..
      perbedaan yang paling mendasar sebenarnya adalah konten yang dibagi di dalamnya..

      Balas
      • emang yg laihir fb dulu atau twitter mbak?
        Setau saya fb lahir lebih dulu.. jd siapa yg ikut siapa nih?

      • mbak?
        fb mungkin lahir dulu.. tapi ada beberapa fitur yang diperkenalkan terlebih dahulu oleh twitter..

  12. kalo twitter tu belum begitu terkenal buat kalangan manusia jember tapi kalao facebook sangat terkenal di kalanganku

    Balas
  13. zzzzzzzzzz

     /  Maret 25, 2011

    woiiiii

    twitet bisa chat ngg macam FB

    Balas
    • ga ada mas.. karena tujuannya juga berbeda…
      tapi dengan sistem mention sebenarnya bisa mirip-mirip chatting kok..😀

      Balas
  14. Delsi

     /  Juli 6, 2011

    saya orank baru nich di twitt mw t? law buat status di facebook melalui twitt gmna n ubersocial tuch apa yach bedanya ma twitt apa???
    thanksss

    Balas
  15. asdfasdf

     /  Juli 28, 2011

    bnr2 ssah jd nak skrg, mest gni gtu na bhs y ssah dbc ga ky nak dl sante aj coy mo ngobrol ngumpul aj ssah bgt seh…

    Balas
  16. owh jd bedanya itu ya,.

    Balas
  17. ryodan

     /  Agustus 24, 2014

    kereen brooo

    Balas
  1. Tweets that mention Apa Bedanya Facebook dengan Twitter? « radical[]rêveur -- Topsy.com

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: