Banyak Kepribadian

Pada suatu malam, saya mengalami kesusahan untuk tidur. Saya pun kemudian tergerak untuk menyalakan komputer untuk menonton televisi. Saya terhenti di sebuah stasiun televisi swasta yang biasa menyiarkan film. Tepat pada saat itu pula, film baru saja dimulai. Dilihat dari adegan-adegan pembuka yang terasa agak sedikit menyeramkan (tiba-tiba saya teringat bahwa malam itu malam Jumat), saya sempat berpikir apakah film ini adalah film horor. Saya pun mencoba untuk menyaksikannya sedikit lebih lama. 

Adegan diawali dengan seorang wanita yang berjalan kebingungan di tengah salju yang turun cukup deras. Wanita tersebut kemudian memasuki sebuah bilik telepon umum untuk menelepon seseorang, yang kemudian saya ketahui adalah keluarganya. Ia kebingungan bagaimana ia bisa sampai di tempat itu. Sampai tiba-tiba sebuah kunci jatuh di dekatnya. Kunci tersebut adalah kunci kamar sebuah hotel. Ia kemudian mencari hotel tersebut. Ketika masuk, penjaga hotel menyapanya dan memberikan sebuah titipan untuknya. Anehnya, ia merasa baru pertama kali ke hotel tersebut, namun si penjaga hotel telah mengenalnya seolah-olah ia telah beberapa lama tinggal di hotel tersebut.

Adegan berikutnya menggambarkan wanita tersebut tengah berkonsultasi dengan seorang psikiater. Adegan demi adegan sedikit demi sedikit membuka kisah wanita tersebut. Wanita tersebut ternyata memiliki 16 kepribadian yang berbeda dalam dirinya. Judul film tersebut diambil dari nama wanita tersebut, yaitu Sybil.

Sybil atau bernama asli Shirley Ardell Mason, adalah seorang wanita yang memiliki 16 kepribadian yang berbeda dalam dirinya. Setiap kepribadian tersebut memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain. Kepribadian Sybil yang asli menghilang ketika kepribadian yang lain muncul. Itulah sebabnya Sybil terkadang terbangun di tempat yang asing bagi dirinya, karena kepribadian yang lain yang membawanya ke tempat tersebut.

Walaupun hingga sampai saat ini masih ada pro dan kontra mengenai benar tidaknya kasus banyak kepribadian, ada banyak film dan cerita fiksi yang mengambilnya sebagai sumber inspirasi. Beberapa di antaranya menggambarkan kepribadian yang super jahat dibalik kepribadian baik seseorang. Baik kepribadian tersebut benar-benar terjadi atau hanya digunakan si penjahat untuk lepas dari jerat pengadilan. Beberapa kisah yang pernah saya temui tentang kepribadian ganda ini adalah novel Along Came a Spider karangan James Patterson, manga Monster karangan Naoki Urasawa, dan salah satu episode dalam serial TV MR. BRAIN yang dibintangi Kimura Takuya.

Benar atau tidak, kisah banyak kepribadian telah menginspirasi banyak orang (termasuk saya, hehe). Apakah teman-teman pernah terbangun di tempat yang belum pernah teman-teman kunjungi sebelumnya? Kalau iya, bisa jadi anda memiliki banyak kepribadian. Hehe…

 

 

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

8 Komentar

  1. saya pernah… ketika tidur, di dalam mimpi bangun di tempat yang berbeda. hehe..:mrgreen:

    Balas
  2. Ada juga novel Agatha Christie: Ten Little Indians yang menginspirasi film: The Identity.😀

    Balas
  3. Hehe, nonton MR. BRAIN juga ternyata!😀

    Balas
  4. Film berat nih, berkepribadian ganda memang membingungkan..

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: