Psikologi Misteri ala Naoki Urasawa

Semua diawali dari sebuah pertemuan tak sengaja. Waktu itu saya sedang mencari-cari bahan bacaan yang bergenre psikologi misteri di sebuah situs. Saya secara acak memilih sebuah manga (komik jepang red.) berjudul PLUTO. Saya agak terkejut karena manga ini sedikit banyak berhubungan dengan manga Astro Boy karya Osamu Tezuka. Manga Astro Boy sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu dan  pernah ditayangkan di layar lebar pada tahun 2009. Hal yang menarik dari PLUTO adalah penggambaran yang lebih realistis dan penggunaan sudut pandang orang yang berbeda ketika menceritakan kisah tentang Astro Boy. Pembuat serial PLUTO tak lain dan tak bukan adalah (suara drum) Naoki Urasawa.

Naoki Urasawa

Terkesan dengan gaya cerita dan penggambaran Urasawa, saya pun kemudian mencari lagi manga-manga karyanya. Ternyata Naoki Urasawa telah menghasilkan banyak manga bergenre psikologi misteri dan mendapatkan beberapa penghargaan atas karyanya tersebut. Beberapa penghargaan tersebut adalah Kodansha Manga Award, Shogakukan Manga Award, Angoulême International Comics Festival Prize for a Series, dan Tezuka Osamu Cultural Prize.

Berikut adalah beberapa karya Naoki Urasawa yang pernah atau sedang saya baca (beserta sedikit cerita dan komentar :p):

PLUTO

PLUTO merupakan penceritaan kembali dari kisah Astro Boy yang berjudul The World’s Strongest Robot karya Osamu Tezuka. Berkisah tentang seorang detektif robot bernama Gesicht yang menyelidiki rangkaian kasus pembunuhan robot dan manusia yang misterius. Manga ini merupakan manga Naoki Urasawa pertama yang saya baca. Kisahnya cukup menegangkan dan tidak tertebak. Astro Boy baru muncul mendekati akhir cerita dan berfungsi sebagai penutup kisah pembunuhan tersebut.

20th Century Boys

Manga ini merupakan manga yang memiliki rangkaian waktu kejadian terpanjang dari semua manga yang pernah saya temui. Cerita berawal dari seorang pemilik mini market bernama Kenji yang tinggal bersama ibu dan bayi keponakan perempuannya yang bernama Kanna. Kenji diundang untuk datang ke reuni teman-teman masa kecilnya dulu ketika tiba-tiba ia mendengar kabar bahwa salah seorang temannya yang bernama Donkey tewas secara misterius. Kematian Donkey ternyata berhubungan denga sebuah clan misterius yang dipimpin oleh seseorang yang dipanggil Tomodachi (atau Friend dalam versi bahasa Inggrisnya). Tomodachi berniat menghancurkan dunia pada tahun baru 2000 sesuai dengan Book of Prophecy yang ternyata dibuat oleh Kenji semasa kecil dahulu. Kenji meminta bantuan teman-teman masa kecilnya untuk menghentikan rencana Tomodachi dan mengungkap siapa Tomodachi sebenarnya.

Seperti yang telah saya sebutkan, manga ini memiliki rangkaian waktu kejadian yang sangat panjang. Potongan-potongan ingatan masa kecil Kenji dan teman-temannya sedikit demi sedikit membuka rahasia dibalik Book of Prophecy dan Tomodachi. Tak hanya itu, cerita pun masih terus berlanjut hingga Kanna, keponakan Kenji yang muncul sebagai bayi, menjadi seorang remaja dan turut mengungkap kasus Tomodachi. Manga ini memenangkan banyak penghargaan dan telah diangkat ke layar lebar sebagai sebuah trilogi pada tahun 2008 dan 2009.

Monster

Monster berkisah tentang seorang dokter muda berkebangsaan Jepang bernama Kenzo Tenma yang bekerja di Jerman pada medio 1980-an. Tenma merupakan salah seorang dokter bedah bermasa depan cerah, sampai ketika ia merasakan pembedaan perlakuan terhadap pasien yang menggelisahkan dirinya. Ia kemudian mencoba mendahulukan pasien yang datang lebih awal, yaitu pasien kasus pembunuhan yang melibatkan dua saudara yang masih anak-anak bernama Johan dan Anna Liebert. Mereka berdua adalah korban yang selamat dari kasus pembantaian yang menewaskan kedua orang tua angkat mereka. Johan menderita luka tembak di kepala, sedangkan Anna mengalami shock yang sangat berat. Dr. Tenma akhirnya berhasil menyelematkan nyawa Johan.

Karena Tenma memilih mendahulukan Johan, masa depan Tenma di rumah sakit terancam. Promosi dan pertunangan yang sudah direncanakan terhadap dirinya tiba-tiba bubar. Namun, pengelola rumah sakit yang bertikai dengan Tenma tiba-tiba ditemukan tewas mengenaskan diikuti dengan hilangnya Johan dan Anna secara misterius. Sembilan tahun kemudian, Tenma menyelamatkan seorang kriminal bernama Adolf Junker yang terus menerus menggumam monster. Suatu ketika, Adolf tiba-tiba menghilang dan ditemukan oleh Tenma sedang ditodong dengan pistol oleh seseorang yang mengaku bernama Johan, anak yang pernah diselamatkan oleh Tenma. Johan kemudian membunuh Adolf dan meninggalkan Tenma yang masih shock dengan ucapan terima kasih. Tenma yang kini dicurigai kembali oleh polisi harus melarikan diri dan berusaha mengungkap siapa Johan Liebert sebenarnya.

Manga ini sangat misterius dan menegangkan. Tenma harus mengumpulkan informasi mengenai Johan sembari menghindar dari kejaran polisi. Dalam manga ini juga diceritakan konflik batin dalam diri Tenma, bagaimana kalau misalkan keputusannya untuk menyelamatkan nyawa Johan adalah keputusan yang salah. Manga ini telah dibuat seri animasinya sepanjang 74 episode.

Billy Bat

Manga ini merupakan manga terbaru dari Naoki Urasawa dan masih berstatus on going (sedang berjalan). Manga ini mengambil cerita tentang mangaka bernama Kevin Yamagata pada medio tahun 1949 ketika Jepang sudah membuka diri dengan Amerika. Kevin membuat manga bernama Billy Bat di Amerika berdasarkan karakter yang ia pernah lihat di Jepang dahulu. Kevin kemudian memutuskan kembali ke Jepang untuk meminta ijin kepada pembuat karakter Billy Bat yang asli. Di Jepang, Kevin menjumpai beberapa kasus pembunuhan misterius yang melibatkan karakter Billy Bat. Billy Bat ternyata jauh lebih besar daripada yang pernah diperkirakan oleh Kevin dan kisahnya berawal hingga jaman kekaisaran Jepang. Oke, mungkin manga ini juga memiliki rangkaian waktu kejadian yang panjang, hehe.

Selain empat buah manga di atas, Naoki Urasawa juga membuat beberapa manga lain seperti Master Keaton dan Happy!. Karya-karyanya menunjukkan bahwa manga bukanlah bacaan main-main yang hanya cocok dibaca oleh anak-anak saja. Manga merupakan karya yang setara dengan novel. Bagi teman-teman yang ingin memberikan saran tentang bacaan bergenre psikologi misteri kepada saya dapat menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih dan selamat membaca! 😀

Credits:

Iklan

45 tanggapan untuk “Psikologi Misteri ala Naoki Urasawa

  1. Mantaaaaaap! Saya setuju, Urasawa-sensei emang jago dalam membuat twist dan misteri dalam komiknya. 😀 Waktu saya dan Tiara kopdar, kami sempat saling tukar pikiran tentang Naok Urasawa-sensei. 😀 Kami sepakat, orang itu luar biasa. :mrgreen: Jangan lupakan “Master Keaton”, komik lumayan jadul, juga bagus untuk ukuran komik detektif. Banyak ilmu yang bisa didapat dari sana.

    Itu “Monster” saya belum baca manga-nya, tapi anime udah sedikit. Jumlah episode-nya buanyak banget, sampe 50-an. 😐
    “20th century boys” saya baca dulu di internet, katanya pernah dicekal terbit di eropa. 😆 Yah, gak heran, tema ceritanya yang mengusung satu pemimpin dunia agak membuat ngeri orang eropa. 😀

    1. maaf bang asop.. komennya ga sengaja pending.. hehe 😀
      iya keren banget bang.. yang Monster ada 74 episode kalo ga salah..

      Untuk Master Keaton sendiri yang di Internet baru ada 5 chapter.. sisanya ga ada yg translate in.. ga tau tuh kenapa.. hehe 😀

  2. Naoki Urasawa emang salah satu komikus jagoan.
    kalo bikin cerita dan gambar gak main-main.

    saya cuma selesai baca Monster, dan 20th Century Boy
    kalo Pluto masih baca separo…..

  3. saya udah baca tuntas yang 20th century boys sama monster. yang pluto baru sampe volume ke empat..
    dulu saya koleksi mangascannya..
    karena masih belum punya duit dan komik lengkapnya udah agak susah didapat
    tapi pas abang kompi rusak.. filenya ilang semua..
    sampe sekarang masih sering nangis darah kalau inget..
    soalnya saya suka banget karyanya urasawa naoki.. banyak bagian yang suka baca ulang.. banyak bagian yang menyentuh.. keren abis pokoknya
    hiiiiiiiiiiks
    *nangisdarahlagi

    1. saya juga baca mangascannya mbak..
      kan sekarang sudah banyak manga yang bisa dibaca secara online, jadi ga perlu didonlot..
      tapi emang lebih enak baca di komputer, lebih cepet.. hehe..

      1. kalau baca online butuh kesabaran ekstra mas,, apalagi donlot.. mesti nunggu berapa tahun itu biar selesai #lebay
        koneksi di sini ga sebagus waktu di Jakarta *yailah
        bisa ngeblog-facebookan-twitteran aja udah sukur..
        mas koleksi mangascannya g?????

  4. 1) Black butler karya yana tobusu juga bagus tentang bangsawan sangat muda di inggris pada abad 19-an gitu, seruuu . . ,

    2) Death’s Notice keluarannya level comic juga bagus, tapi gak tau siapa pengarangnya, hehe. tamat 1-6, model komik psikologi, tentang UU di Jepang (seandainya) yang mengatasi pertumbuhan penduduk dengan menanamkan 1 buah semacam chip di jantung manusia yang ditanamkan sejak masih anak-anak (program vaksin di SD padahal bukan) dan chip itu akan meledakkan jantung manusia tersebut pada usia (kalo gak salah) 17-25 tahun,. Tapi perbandingan orang jepang yang mendapatkan (kesialan) itu 1:1000. Dan komik ini bercerita tentang pegawai negeri yang bekerja sebagai pembawa berita kepada penerima chip itu 24 jam sebelum kematiannya dan bercerita mengenai problema kehidupan si penerima chip itu dan bagaimana dia menghabiskan 24 jam terakhir dalam hidupnya itu

    3) A Spirit of The Sun, keluaran level comic juga, tapi gak tau siapa pengarangnya (hehe . .maaf kalo kurang membantu). Tentang perjuangan anak muda jepang cucu pejabat jepang (lupa namanya siapa . ..) untuk menyatukan kembali jepang yang terbelah dua akibat gempa besar dan menenggelamkan Tokyo. Dan Jepang terbagi menjadi dua wilayah, wilayah utara dikuasai China dan wilayah selatan dikuasai Amerika

    Semoga membantu & selamat membaca, saya juga suka naoki urasawa, komiknya yang Monster apa lagi dongengnya (di komik Monster) tentang monster tanpa nama, hiii sereem, kebayang kalo itu dibacain buat anak2 malem…

    1. hehe.. sip ada masukan lagi.. saya coba kasih komentar ya…
      1) Black Butler atau Kuroshitsuji, saya belum pernah baca komiknya, tapi saya sudah nonton animenya dan tidak membuat saya jadi penasaran dengan komiknya.. hehe…
      2) Death’s Notice atau Ikigami, oleh Mase Motoro.. saya pernah baca beberapa chapter, setelah itu terlupakan.. terima kasih sudah mengingatkan kembali.. hehe..
      3) Yang ini belum pernah baca.. nanti saya coba… terima kasih rekomendasinya

      Iya dongengnya seremm.. ada ilustrasinya pula.. hehe..

  5. aku penggemar berat urasawa naoki mas……cinta bgttttttt pokoknya sm karya2 beliau 4 jempoL masih kurang kayanya utk beliau

  6. Sedih, semua komik terbitan Noki San terbit waktu saya SD & saya nggak tau. Sekarang saya rajin keliling lapak buku bekas buat koleksiin semua komiknya.Baru kali ini saya tergila-gila sama karya seorang komikus.
    Hebatnya semua komiknya luar biasa langka. Kalupun ada harganya selangit. Kesel!!! Harusnya penerbitnya nerbitin ulang karyanya. Kalo diterbitin lagi pasti saya beli deh….

  7. saya pertama baca komik Urasawa Naoki itu master keaton, skrg saya baru ketemu karya dia lagi 20th century boys cuman belom kelar….buat siapa aja yg bisa bantu tolong info ke saya kemana saya bisa dapatkan komik Urasawa Naoki secara lengkap…terima kasih

    1. Silakan mas dan mbak berkunjung ke rental komik medan, disini komik2 karya naoki urasawa lengkap spt monster, 20th century boys, pluto. Cuma master keaton sy blm dpt komiknya. Mas bisa menghubungi sy via bbm 7E7351B8

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s