Sudut Pandang dan Aksi Reaksi

Semua orang pasti mempunyai sudut pandang. Sudut pandang tersebut bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan sudut pandang ini bisa berpengaruh buruk pada hubungan antar manusia.

Misalnya gini nih, pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi mahasiswa si B memergoki si A sedang asyik makan, padahal acara sedang berlangsung. Hari bahkan belum siang. Dari sudut pandang si B, si A adalah orang yang rakus dan mau enak sendiri, karena asyik makan, sedangkan yang lain sibuk mengatur jalannya acara. Namun, tahukah anda kalau si B ternyata belum sarapan dari pagi karena semalaman mempersiapkan acara?

Contoh yang kedua nih.. Si A meminta bantuan mengenai suatu permasalahan kepada si B. Saat itu, si B, yang biasanya mau membantu A, kebetulan tidak mau membantu si A. Dari sudut pandangnya, si A menganggap si B orang yang pelit dan tidak mau membantu orang yang kesusahan. Tapi tahukan anda kalau si B mempunyai pandangan kalau si A selalu melupakannya di saat si A mendapatkan kesenangan dan tidak pernah membantu si B kalau ia sedang kesusahan?

Contoh – contoh di atas mungkin sering, pernah, atau belum pernah kita alami. Namun, kita tidak dapat menyangkal kalau itu bisa saja terjadi. Masalah sudut pandang ini bisa menjadi buruk jika tidak ada komunikasi yang lancer antar kedua belah pihak. Jadi sebisa mungkin, jangan terlalu cepat menilai orang dari penilaian sesaat saja..(termasuk saya juga nih…😛 ).

Trus, hal kedua yang ingin saya bahas adalah masalah hukum aksi – reaksi. Seperti yang telah kita pelajari bersama dalam Hukum III Newton (CMIIW), jika kita memberikan aksi kepada sesuatu, maka sesuatu tersebut juga akan memberikan reaksi kepada kita (hehehe,,, sori agak scientific dikit…). Percaya atau tidak, setuju atau tidak, sesuatu tersebut juga berlaku untuk manusia. Simpelnya gini, kalau misalkan anda memberikan hal yang baik kepada seseorang, maka seharusnya orang tersebut juga memberikan sesuatu yang baik pada kita. Kalau nggak, mungkin ada ketidakberesan dengan orang tersebut. Kalau itu terjadi, segeralah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada orang tersebut. Karena ada beberapa “oknum” tertentu yang langsung bad mood ketika orang tersebut tidak mendapatkan respon sesuai dengan yang dia harapkan.

Inti dari aksi – reaksi yang dimaksud itu, kalau misalkan diberi salam ya membalas salam, diberi senyum ya dibalas senyum, kalau disapa ya membalas sapa. Kalau misalkan sedang tidak ingin menyapa, lebih baik langsung berterus terang saja daripada berpura-pura. Percaya atau tidak, ada orang yang tahu kalau anda berpura-pura dan ia tidak menyukai sikap pura-pura tersebut. Kasarnya sih, lebih baik ngomong kalau nggak suka daripada menusuk dari belakang (maaf kalau bahasanya terlalu kasar…).

Ini saya tulis bukan bermaksud untuk menunjukkan kalau saya itu orang hebat yang mengerti semua permasalahan. Tujuan saya adalah untuk saling mengingatkan (termasuk mengingatkan diri saya sendiri) agar kita memperlakukan manusia seperti manusia dan memperlakukan orang seperti memperlakukan diri sendiri (maksudnya sebelum melakukan sesuatu pada seseorang, pikirkan bila orang lain melakukan itu kepada anda). Karena satu hal yang pasti, manusia itu diciptakan dengan sangat kompleks.

Don’t try to live so wise,, don’t cry ’cause u’re so right,, don’t dry with fakes or fears,, ’cause u’ll hate urself in the end… (wind)

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

4 Komentar

  1. ada betulnya juga. tapi ada tapinye, tapi gw g tau tapinye dimane.cuma perasaan gw mengatakan ada yang g srek ma ni tulisan. ap y? tar dah gw cari-cari.
    yang betulnye dulu kali y!
    betul tuh….
    :p

    Balas
  2. yah, kalo ada yg salah, mohon dibenerin…
    CMIIW.. Btw, yang ak maksud itu bukan mas Maul kok…
    Mas Maul ganteng banget…:D

    Balas
  3. kalimat yang terakhir dari mas arif bener sekali….
    ye si arif, tadinye g ngerasa tuh pas dibilang bukan maul, jadinya terasa dech…
    btw, CMIIW paan?😕

    Balas
  4. CMIIW = Correct Me If I’m Wrong
    maksudnya kalo aku salah mohon dibenerin…
    Iya Maul ganteng, tapi dilihat dari Monas pake sedotan..😀

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: