Tips Menulis Laporan: Ide

Beberapa hari belakangan ini, aku mulai menyadari bahwa menulis dengan bahasa Indonesia itu tidak semudah yang kubayangkan sebelumnya. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sehingga tulisan yang kita buat menjadi padu, beralur, dan yang terpenting: enak untuk dibaca. Untuk itulah, aku memiliki ide untuk berbagi ilmu dalam hal tulis menulis., khususnya menulis laporan, karya ilmiah, atau tugas akhir(?). Tips ini kutulis hanya berdasar pengalaman saja, jadi jikalau ada para pembaca sekalian yang ingin menambahkan: silahkan.. Dan marilah kita mulai..

Kumpulkan ide

Satu hal yang paling penting saat menulis adalah kita mengetahui apa yang akan kita tulis. Sebelum proses menulis dimulai, ada baiknya kita mengumpulkan terlebih dahulu semua bahan yang akan dijadikan acuan dalam karya kita nantinya. Bahan-bahan tersebut berfungsi sebagai gudang ide dari tulisan kita.

Bahan telah didapatkan. Langkah selanjutnya adalah membuat pokok pikiran utama. Pokok-pokok pikiran utama kita ini nantinya akan dikembangkan sehingga terbentuk karya yang utuh. Pokok pikiran utama sebaiknya singkat, dan memiliki hubungan dengan pokok pikiran lain (walau tidak selalu demikian).

Bagaimanakah cara menentukan pokok pikiran ini? Well, ada beberapa teknik yang bisa ditempuh. Salah satu teknik yang kusuka adalah brainstorming dengan bantuan mind map. Kita cukup menghujani mind map dengan berbagai ide yang muncul dalam benak kita. Apa yang akan kita bahas di bagian ini? Bagian ini sebaiknya membahas tentang apa? Kalau pokok pikiran seperti ini, kira-kira penjelasannya bagaimana? dst. Untuk mempermudah dalam membuat mind map, ada pengembang yang telah berbaik hati membuatkan Freemind. Membuat mind map dengan tangan atau dengan bantuan software: pilihan di tangan anda..:D

Ada orang berkata: “dua kepala lebih baik daripada satu kepala“. Walaupun pepatah itu belum sepenuhnya terbukti, tidak ada salahnya kita mencoba. Mulailah bertanya dan berdiskusi kepada teman kita. Tanyakan kepada mereka mengenai ide dan pokok pikiran yang telah kita buat. Mintalah masukan kepada mereka, siapa tahu kita mendapatkan ide segar.

Sampai di sini dulu ya, tunggu postingan selanjutnya. Ada masukan, tanggapan, sanggahan? Monggo, dipersilahkan..

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

9 Komentar

  1. Ariiiiif Saaaaaaaaaan

    Balas
  2. wew,, kayaknya mas novan memaksa diriku untuk masuk ke forum ya??
    swt..

    Balas
  3. wah kayaknya lagi sibuk bikin laporan…
    gimana progressnya??

    Balas
  4. wew,,, sedang menuju titik ujung..😀

    kw pye dan?? ga pernah krungu kabare..

    Balas
  5. martsiano

     /  Juli 9, 2008

    waktu penelitiannya mah semangaaaat banget, eh giliran bikin laporannya mualeeeeeeees buanget. titik koma aja harus diperhatikan, kata – kta juga wadoh gara – gara sering bolos pelajaran bahasa indonesia….

    gimana ya kalo laporannya ditulis dalam bahasa sunda????

    Balas
  6. iya mas.. saya setuju… emang bikin laporan iru susah..:D

    ditulis dalam bahasa sunda? wah nyerah mas.. saya ga bisa..

    *nunggu ada yang bikin compiler bahasa Indonesia*

    Balas
  7. bisa dipake buat bikin blog ga? hehee

    Balas
  8. Insanul

     /  Juli 9, 2008

    Iya…ya…

    Maunya nulis laporan boleh bebas kayak nulis di blog, yang penting bisa dimengerti oleh pembaca. Ah..tapi gak enak juga, gak ada tantangannya.

    Wah…mas Arif telat nich ngasih taunya. Maunya Tips tersebut diberitahu sebelum aku nulis laporan buat lomba AKOSS kemaren. Alhamdulillah, ternyata lolos juga tuh laporan (tulisan),padahal subjek predikatnya gak jelas. Ha….

    Balas
  9. @neng fey:
    bisa mungkin.. tapi kalo blog kan lebih bebas…

    @insanul:
    itulah mas Insan.. kan ada standarnya ..😀
    takutnya ga enak pas dibaca..
    ayo kita ke semarang!!!

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: