Jejak Cahaya di Eropa

Tema perjalanan di luar negeri akhir-akhir ini banyak diangkat ke bentuk buku, baik yang dikemas dalam bentuk catatan perjalanan atau difiksikan berbentuk novel. Beberapa di antaranya inspiratif, mempengaruhi kita untuk ikut berpetualang ke negeri seberang. Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk membaca kisah perjalanan yang berbeda. Kisah ini tertuang dalam buku 99 Cahaya di Langit Eropa.

Buku 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan kisah perjalanan Hanum Salsabiela Rais, puteri dari Amien Rais. Saat itu, mbak Hanum sedang menemani suaminya yang sedang mengambil studi doktor di Austria. Jadi, ketika sang suami sedang kuliah atau mengikuti konferensi, mbak Hanum asyik berjalan-jalan menikmati Eropa (hehe.. :D). Fokus yang diangkat oleh mbak Hanum adalah jejak-jejak kejayaan Islam di Eropa pada masa lampau. Jejak kejayaan Islam tersebut beberapa di antaranya terlihat dari beberapa bangunan antik, seperti Mezquita-Catedral, masjid yang beralih fungsi menjadi gereja di Cordoba (Spanyol) dan Hagia Sophia, gereja yang sempat menjadi masjid sebelum dijadikan museum di Turki. Selain itu, diangkat juga beberapa lukisan yang ternyata secara tak sengaja mengandung beberapa tulisan yang meng-Esa-kan Allah. Beberapa misteri juga turut membumbui buku ini, seperti apakah mungkin bahwa Napoleon Bonaparte itu ternyata seorang muslim?

Penyajian yang ringan disertai beberapa referensi sejarah membuat saya teringat bahwa dahulu Islam sempat berjaya di Eropa. Namun demikian, kejayaan tersebut akhirnya runtuh dan sisanya hanya dapat terlihat di beberapa bangunan bersejarah. Buku ini berhasil membuat saya semakin ingin berpetualang ke negeri Eropa. Semoga Allah memberikan kekuatan dan mengijinkan saya untuk menginjakkan kaki di belahan Allah yang kita sebut Eropa. Amien..😀

N.B. Review ini juga ditulis oleh sahabat blogger di sini.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

25 Komentar

  1. suka bukunya…

    j’envie d’y aller!
    pengen ke eropa.
    sekarang sy jadi makin tau apa tujuan sy jika ditakdirkan ke eropa nanti..🙂
    Bismillah…

    Balas
  2. Belanda… mau banget kesanaaaaaa🙂

    Balas
  3. elfarizi

     /  November 5, 2011

    Saya juga senang baca buku traveling, apalagi yang inspiratif … tapi saya belum nemu yang ini. Makasih, Mas review-nya … Nanti kalo saya udah berhasil ke Inggris atau Swedia, mau bikin juga bukunya hehehe🙂

    Balas
  4. Ke Jerman aja yuuuk.😀

    Balas
  5. Oo kisah anak Amien Rais memang penting.🙂

    Balas
  6. Wah, Mbak Hanum nulis buku ya? Dulu saya sempat penasaran waktu dia menghilang dari trans tv, ternyata ditelusuri dan tanya di facebook katanya lagi di Eropa. Dan mugkin buku ini ia tulis sewaktu masih di Eropa. Yang jelas, saya harus punya buku ini. Trims untuk resensinya, benar-benar membuat saya tertarik membeli.

    Salam kenal.

    Balas
  7. Amin2. Smga terkabulkan doanya.

    Balas
  8. makin pingin beli bukunya.. :3

    Balas
  9. jarwadi

     /  November 7, 2011

    hayo siapa yang mau ngasih pinjem aku bukunya. dan sekaligus ngasih ongkos buat jalan jalan ke europe

    btw anak pak amin yang aku tahu cuman hanafi rais karena nyelon kada di yogya kemarin, kalau mbak yang ini belum …🙂

    Balas
    • hehe.. kalo ada yang mau ngasih ongkos kasih tau ya mas.. saya juga mau. hehe…
      iya kemaren hanafi rais nyalon tapi kalah.. hehe.. saya terus terang malah ga tahu tentang keluarga pak amin..😀

      Balas
  10. Wah pasti nih buku seru banget😀
    Jejak Islam di eropa lagi😀 Boleh nih🙂

    Balas
  11. Siang kak, blogwalking dari ilkomers nyampe deh ksini,, hhe

    kmaren sudah berencana mw beli buku ini, tp mgingat novel tunnels yg blum khatam dibaca jadi saya menunda utk beli buku ini..

    Jalan2 ke eropa jadi ingat kisah2 seperti di novel edensor, negeri van oranje… semoga cita untk keliling dunia bisa tercapai.. amieenn

    Balas
  12. sip! akan segera mencari buku ini di gramed ;o
    walau kemarin pas nemenin Amel beli buku ini…stoknya sisa 1.. mudah2an masih ada -__-
    btw, covernya agak mirip cover n5m ya?? hehe

    Balas

Ada apa di pikiranmu?

