Email!

AROBAZE

Aku percaya bahwa hidup itu adalah sebuah perjalanan. Perjalanan ini terdiri atas berbagai macam petualangan yang selalu dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Dari sekian banyak petualangan, ada satu petualangan yang ingin kubagi kali ini. Petualangan di dunia blog yang telah mengantarkanku membuka berbagai macam petualangan lain yang tak kalah mengasyikkan. Lalu kenapa judulnya Email? Sabar bung, silahkan berpetualang membaca tulisanku sampai selesai ^^.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, aku memiliki blog di sini (yang sedang anda baca sekarang). Selain itu, aku juga memiliki blog lain yang kugunakan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Blogku yang satu ini juga kugunakan untuk berpetualang dengan dunia WordPress. Aku belajar untuk instalasi dan mengatur WordPressku sendiri. Selain itu, aku juga berpetualang dengan dunia domain dan hosting yang berbayar. Sekedar untuk merasakan bagaimana caranya dan menggali ilmu dari mas-mas customer service yang senantiasa bersedia membantu (he3.. maaf telah merepotkan ^^).

Setelah berhasil dengan domain dan hosting berbayar, aku berlanjut ke petualangan selanjutnya. Aku selalu menginginkan alamat email dengan nama domainku sendiri. Dengan fasilitas hosting berbayar, petualangan ini sepertinya dapat diselesaikan dengan mudah, namun ternyata tidak semudah itu.

491px-Sewermail-smallKarena aku adalah blogger amatiran, aku mencoba menggunakan paket hosting termurah. Paket ini terdiri atas kapasitas penyimpanan sebesar 50MB di shared hosting. Penambahan email ternyata dapat mengurangi kapasitas hosting, seiring dengan besarnya email yang aku terima. Kapasitas 50MB (belum dikurangi file-file WordPress) dapat dihabiskan oleh email yang akan aku terima mungkin dalam waktu kurang dari dua bulan. Permasalahan lainnya adalah penggunaan shared hosting yang memiliki kemungkinan down pada server. Hal ini bisa mengakibatkan aku tidak bisa menerima/mengirim email sama sekali. Satu lagi, aku sudah terlalu nyaman dengan antarmuka GMail yang luar biasa. Antarmuka webmail default oleh hosting belum bisa menandinginya. Jadi, apa yang harus aku lakukan?

Petualangan secara tidak sengaja membawaku ke sebuah paket yang disediakan oleh Google. Paket ini bernama Google Apps. Salah satu fitur yang terdapat di dalamnya adalah fasilitas GMail dengan alamat domain kita sendiri! Dan yang paling menarik adalah, ada paket standar yang gratis untuk digunakan. Hal yang perlu dilakukan adalah mengatur beberapa konfigurasi domain agar bisa menggunakan fitur ini. Dengan menggunakan ini, aku mendapatkan antarmuka GMail, kapasitas email sampai 7GB, dan reliabilitas server Google yang jarang sekali down.

Satu hal yang aku sayangkan adalah aku tidak memiliki akses untuk mengatur konfigurasi domainku. Setelah berkonsultasi dengan penyedia hostingku, ternyata mereka menyediakan jasa untuk mengatur penggunaan email Google Apps tersebut. Sebenarnya aku bisa meminta mereka untuk secara manual mengatur konfigurasi domainku dan membiarkanku untuk mengurus pendaftaran Google Apps sendiri. Namun, karena aku merasa sungkan untuk itu, aku memilih untuk membiarkan mereka melakukan semuanya untukku. Paling tidak, aku sudah mengetahui langkah-langkahnya.

Dan, akhirnya!! Aku mendapatkan email dengan alamat domainku sendiri.

Credits:

Tinggalkan komentar

6 Komentar

  1. wew… SELAMAT kalau gituh.😀

    Balas
  2. Mari kita spam emailnya arif.. Biar overquota. Huahahaha…

    Balas
  3. hore….. marri andre.. kita spam email arif… hahahaaha

    Balas
  4. @fadhilatul:
    terima kasih..

    @andreas & @wabbit:
    arghh… inbox ku….
    hehehe becanda..
    silahkan saja coba spam saya…. *ngumpet di balik server Google*

    Balas
  5. trus emailnya ap rif?

    Balas
    • wah, mas hadi..
      alamat email saya yang baru telah saya gunakan di milis ilkomerz..
      silahkan dilihat.. ^^

      Balas

Ada apa di pikiranmu?

